Komisariat Daerah Pemuda Katolik Lampung Gelar Rakerda

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemuda Katolik Komda Lampung di Hotel Arinas Bandar Lampung, pada 11-12 Agustus 2018.

Peserta Rakerda Pemuda Katolik Komda Lampung di Hotel Arinas Bandar Lampung, pada 11-12 Agustus 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemuda Katolik Komda Lampung telah digelar di Hotel Arinas Bandar Lampung, pada 11-12 Agustus 2018. Kegiatan ini adalah satu dari dua rangkain kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan (OKP) oleh Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Rakerda Pemuda Katolik Komda Lampung ini mengusung tema “Konsolidasi Organisasi, Strategi Menuju Kader yang Berkarakter dan Beritegritas.”

Ketua Pemuda Katolik Komda Lampung, Marcus Budi Santoso mengatakan, Rakerda kali ini dimaksudkan untuk menyatukan visi bersama kader, agar sejalan antara komda, komcab dan komac.

“Yang mana tiga hal penting yang menjadi pijakan dasar kedepan yaitu konsolidasi organisasi, penguatan kualitas kader dan penguatan Pemuda Katolik dalam peran dan kiprahnya ke masyarakat,” kata Marcus.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono dalam sesi materi menyampaiakan keprihatinan atas kondisi politik dewasa ini.

“Politik cenderung diartikan meraih kekuasaan dengan cara apapun dan akibatnya menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Jika kekuasaan jatuh ke tangan yang orang salah, karena diperoleh dengan cara yang salah sebagai akibat adalah munculya abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan dan pasti akan ada korban,” katanya.

Mgr. Yohanes Harun Yuwono berharap Pemuda Katolik untuk ambil bagian dalam peranya secara bermartabat, berbudaya dan berkarakter demi masa depan Indonesia.

Hasil Rakerda Komisarit Daerah Pemuda Katolik Lampung

Ketua Pemuda Katolik Komda Lampung, Marcus Budi Santoso mengatakan Rakerda menghasilkan dua rekomendasi penting dalam rangka menyikapi proses demokrasi bangsa, atas kekawatiran yang bisa saja berpotensi menimbulkan perpecahan dan disintegrasi bangsa.

“Bahwa dalam tahun politik, menghadapi Pemilu 2019. Pemuda Katolik Lampung mengajak seluruh lapisan masyarakat menolak Politisasi  SARA yang digunakan elite-elite politik untuk kepentingan pribadi dan kelompok, yang mengabaikan persatuan dan kesatuan bangsa,” beber Marcus.

Kedua menurut Marcus Pemuda Katolik Lampung mengajak seluruh masyarakat agar bijak dan arif mengelola media sosial, dengan tidak menyebar isu atau berita bohong atau hoax dan ujaran ujaran kebencian yang jauh dari semangat kebangsaan dan toleransi.

Sebagai informasi, Rakerda  dikuiti Komda, 11 Perwakilan unsur Komisariat Cabang (Komcab), Komisariat Kecamatan dan calon Komcab dari 15 kabupaten/kota di Lampung.***

Reporter : Robert

36 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *