TTIC Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Terlibat Dalam Penetrasi Pasar

Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Dra. Bahagiati, SH. (dua dari kanan) saat kegiatan penetrasi pasar di Pasar Panjang Bandar Lampung, Sabtu 28 Juli 2018.

Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Dra. Bahagiati, SH. (dua dari kanan) saat kegiatan penetrasi pasar di Pasar Panjang Bandar Lampung, Sabtu 28 Juli 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) turut serta dalam kegiatan penetrasi pasar.

Sebagaimana diketahui, Dinas Ketahanan Pangan tergabung dalam Satgas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Lampung.

Penetrasi Pasar dilakukan pada tiga lokasi di Kota Bandar Lampung dan dua titik Kota Metro.

“Diantaranya untuk di Bandar Lampung dilaksakanan di Pasar Panjang, Pasar Tugu, Pasar Tamin. Kemudian untuk di Kota Metro penetrasi pasar dilaksanakan di Pasar Kopindo dan Pasar Margorejo,” kata Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Dra. Bahagiati, SH.

Dipaparkan Beggy – panggilan akrab Bahagiati – pada kegiatan penetrasi pasar ini, melalui TTIC Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan Indoguna Utama, pihaknya menyiapkan daging murah seharga 80 ribu rupiah.

“Spesifik kita dengan Indoguna itu menjual daging harga Rp 80 ribu, walaupun disubsidi oleh Indoguna Rp 10 ribu. Aturan harga yang kami jual Rp 90 ribu, tapi kami jual Rp 80 ribu per kg untuk penetrasi harga,” jelasnya saat di Pasar Panjang Bandar Lampung, Sabtu 28 Juli 2018.

Menurut Beggy, Penetrasi dilakukan untuk menjaga stabilitas harga komoditas pangan, melindungi konsumen dan untuk menjaga kenaikan inflasi.

“Penetrasi pasar dilakukan tim TPID termasuk Satgas Pangan. Langkah itu untuk melindungi konsumen dari gejolak harga di luar kewajaran,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahu, kegiatan penetrasi pasar ini berlangsung dua hari, 28-29 Juli 2018. Untuk daftar harga pada penetrasi pasar kali ini, telur ayam ras dijual seharga Rp 20.500/kg, daging potong ayam Rp 32 ribu/kg, daging sapi beku Rp 80 ribu/kg. Sedangkan untuk beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir harganya menyesuaikan dibawah harga HET.***

Reporter : Robert

33 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *