Lakukan Persiapan Cerdas untuk Hindari Stres di Hari Raya

SUARAWAJARFM.com – Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Momen istimewa ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Namun, tak jarang kesibukan persiapan hari raya justru membuat frustasi, apalagi jika kita tahun ini kebagian menjadi tuan rumah.

Ilustasi. Credit : lifestyle.kompas.com

Ilustasi. Credit : lifestyle.kompas.com

Nah, jangan sampai hal itu terjadi. Coba ikuti langkah-langkah berikut agar kamu terhindar dari stres saat mempersiapkan keperluan hari raya:

  1. Bagi beban bersama orang lain

Seringkali, rencana persiapan keperluan hari raya dilakukan oleh satu orang. Padahal, hal ini seharusnya menjadi beban bersama bagi setiap keluarga. Jika ini terjadi padamu, cobalah bicara dengan anggota keluarga yang lain dan bagilah tugas secara adil sehingga beban persiapan hari raya tak hanya menjadi tugas seorang. Contohnya, anak-anak bisa mempersiapkan permainan yang akan dimainkan bersama keluarga besar. Sementara anggota keluarga lainnya bertugas membersihkan rumah.

  1. Belanja cerdas

Hindari belanja keperluan di detik-detik terakhir dengan menuliskan daftar keperluan hari raya. Belanja keperluan tersebut bisa dicicil sejak beberapa hari sebelumnya, bahkan kamu bisa mengunjungi beberapa toko sekaligus dalam sehari. Baca juga: Ini Dia, 5 Inspirasi Model Sofa yang Pas untuk Ruang Tamu

  1. Membereskan rumah, menyumbangkan barang dan mendekorasi

Dedikasikanlah setidaknya satu hari untuk membereskan rumah kemudian menyumbangkan barang-barang yang sudah tidak diperlukan. Jangan lupa untuk mendekorasi ulang ruangan setelah selesai bebenah. Hal ini tidak hanya mampu mengurangi stres jelang hari raya, tapi sekaligus mampu menghidupkan suasana kemenangan dalam keluarga.

  1. Jadikan semua ruangan aman untuk anak

Pastikan semua ruangan di rumah aman bagi anak. Sehingga ketika anak-anak dari anggota keluargamu berkunjung rumahmu, mereka bisa bebas bermain. Pastikan benda-benda berbahaya diletakkan di tempat tinggi yang tidak terjangkau anak-anak.

  1. Persiapan makan besar

Makan besar seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan hari raya. Persiapkanlah segala keperluan yang dibutuhkan, mulai dari piring sekali pakai, plastik sampah besar dan tisu untuk menjaga tempat makan tetap bersih. Untuk makanan penutup dan minuman bisa kita sajikan dengan mangkuk atau gelas sekali pakai. Pastikan pula kamu memiliki peralatan yang cukup untuk membersihkan bekas-bekas makanan tersebut. Di antaranya lap kain dan penghapus noda. Keperluan tersebut harus disediakan agar kamu tak harus berepot-repot membelinya keluar saat dibutuhkan.

  1. Duduk santai

Jika kamu merasa semua persiapan sudah dilakukan, kini saatnya duduk dan bersantai. Pastikan pula semuanya rapi, pintu terkunci (jika dibutuhkan) dan kamu sudah menyediakan cukup makanan untuk menyambut tamu-tamu di hari raya. Untuk menambah mood, kamu bisa menyalakan lilin relaksasi sambil mendengarkan musik. Bersantailah sebelum hari raya tiba.***

Reporter : Robert

81 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *