Keuskupan Palangka Raya menjadi tuan rumah Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) ke-52

PALANGKA RAYA, SUARAWAJARFM.com — Pagelaran seni tradisi menyambut Tim Komsos KWI dan Komsos dari beberapa keuskupan lain dalam Pekan Komunikasi Sosial Nasional, Senin 7 Mei 2018.

Dalam upacara adat penerimaan tamu terjadi dialog. “Kami datang untuk memeriahkan acara Pekan Komsos Nasional Konferensi Waligereja Indonesia di Keuskupan Palangka Raya,” ujar Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos KWI RD Kamilus Pantus yang memimpin rombongan saat menjawab pertanyaan Vikjen Keuskupan Palangka Raya RD. Subandi tentang maksud kedatangannya.

Sekretaris Eksekutif Komsos KWI, RD Kamilus Pantus dan Ketua Komsos dari berbagai keuskupan serta tim Komsos KWI disambut Romo Vikjen Palangkaraya, RD Subandi dengan upacara Potong Pantan.

Sekretaris Eksekutif Komsos KWI, RD Kamilus Pantus dan Ketua Komsos dari berbagai keuskupan serta tim Komsos KWI disambut Romo Vikjen Palangkaraya, RD Subandi dengan upacara Potong Pantan.

Masih di depan pagar kayu melintang yang dihiasi berbagai buah dan sayuran, RD. Subandi membacakan syair berbahasa Dayak Sangian yang mengharapkan agar semua yang direncanakan berjalan lancar.

Setelah itu para tamu yang diwakili RD. Kamilus dipersilakan memotong buah-buahan dan sayur serta kayu melintang dengan parang khas Dayak yang disebut mandau.

Sebelumnya para tamu disuguhi tuak serta dikalungi karangan bunga serta topi lawung dan sumping. Usai palang kayu terpotong, para tamu digiring oleh tuan rumah masuk ke depan pintu Gereja Katedral diiringi tarian Giring-Giring.

PKSN yang berlangsung 6-13 Mei 2018 ini mengusung tema: “Kebenaran akan Memerdekakan Kamu (Yoh 8:32). Berita palsu dan Jurnalisme Perdamaian.” Tema ini adalah pesan pokok Gereja Katolik universal untuk terlibat menangkal berita palsu (fake news), bohong (hoaks), dan ujaran kebencian (hate speech). Paus menegaskan kebenaran sebagai arena manusia merasa aman dan tidak jatuh dalam godaan.

Acara ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai keuskupan di Indonesia sesuai undangan dari Komsos KWI, umat keuskupan Palangka Raya, umat, para OMK dan pelajar di kota Palangka Raya dan sekitarnya. Selama sepekan akan diadakan berbagai kegiatan seperti: workshop audio visual, menulis kreatif, literasi media, lomba debat, menggambar dan mewarnai.***

Kontributor : M. Fransiska FSGM

83 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *