Sebelum Berkunjung, Ketahui 5 Fakta Menarik tentang Solo

Petugas perbaiki tugu penanda titik nol kilometer Kota Surakarta, Solo, Jateng, 23 September 2014. Tugu itu termasuk dalam cagar budaya Kota Solo. Tempo/Ahmad Rafiq

Petugas perbaiki tugu penanda titik nol kilometer Kota Surakarta, Solo, Jateng, 23 September 2014. Tugu itu termasuk dalam cagar budaya Kota Solo. Tempo/Ahmad Rafiq

SUARAWAJARFM.com — Siapa yang tidak pernah berkunjung ke Solo? Pamor daerah kelahiran Presiden Joko Widodo ini semakin jelas terlihat dari waktu ke waktu. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang memilih kota kecil ini sebagai destinasi wisata. Berdekatan dengan wilayah Yogyakarta, kota wisata populer di Indonesia, akses menuju Solo sangat mudah.

Nah, jika Anda sedang menyusun rencana untuk berkunjung ke Solo, ketahui terlebih dahulu 5 fakta menarik tentang kota ini, seperti dikutip dari tempo.co.

  1. Solo adalah Kota Batik

Saat berkunjung ke Solo, jangan heran jika Anda menemukan banyak pedagang batik, baik di pasar maupun mal. Anda juga bisa langsung berkunjung ke pusat-pusat penjualan batik seperti Kampung Batik Laweyan atau Kampung Batik Kauman. Di sini, sebagian besar rumah penduduk beralih fungsi menjadi galeri batik. Batik yang ditawarkan sangat bervariasi, baik dari harga, motif, hingga jenisnya.

Batik Solo dapat dikenali dari ciri-cirinya yang khas. Ada beberapa motif batik Solo yang sangat populer dan sering dikenakan pada acara-acara kebudayaan tradisional, seperti Sidomukti, Sidoluruh, dan Sidoasih. Ada pula Parang Kusuma yang identik dengan motif diagonal. Ada motif batik Sekar Jagad yang berbentuk bunga-bunga dan didominasi warna hitam atau kecokelatan.

Mampu mengusung keragaman batiknya yang sangat mengesankan, Solo menjadi kota yang sangat populer, bukan hanya di kalangan wisatawan lokal, tetapi mancanegara. Buktinya, para pelancong yang datang ke kota ini tak melewatkan acara berburu batik.

  1. Solo adalah Kota Budaya

Jika berkunjung ke Solo, jangan heran jika ada saja acara kebudayaan yang digelar. Kehidupan masyarakatnya memang masih lekat adat istiadat. Hal ini dibuktikan dengan pagelaran berbagai upacara kebudayaan untuk merayakan momen tertentu. Selain acara yang bersifat tradisional, banyak festival modern yang juga kerap digelar di kota ini.

Para seniman yang bermukim di kota ini merawat dengan baik kebudayaan yang masih tersisa. Nah, bagi Anda yang ingin melihat Solo yang sebenarnya, jangan lupa untuk berkunjung pada saat salah satu acara atau festival yang digelar tersebut.

  1. Solo adalah Kota Kecil

Anda tidak perlu bingung jika berkunjung ke kota ini karena wilayahnya tidak terlalu luas. Secara geografis, Surakarta atau Solo hanya memiliki luas 44 kilometer persegi. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Sukoharjo di setiap sisinya.

Ada 5 kecamatan yang tercakup dalam wilayah ini, yaitu Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Jebres, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Lawiyan, dan Kecamatan Serengan. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat kota-kota pendukung, seperti Solo Baru, Colomadu, Palur, Kartasura, Baki, dan Ngemplak.

  1. Julukan Putri Solo yang Populer

Julukan khas untuk menyebut para gadis yang berasal dari Solo adalah Putri Solo. Julukan ini identik dengan keanggunan dan kelemahlembutan. Baik dalam gaya berbicara maupun berperilaku, putri Solo selalu mengindahkan aturan dan penuh sopan santun. Saat ini, aplikasinya mungkin saja sudah berbeda, meskipun kesan masyarakat terhadap hal ini masih sama.

  1. Identik dengan Kuliner Lezat

Jika Yogyakarta populer dengan gudeg dan bakpia, Solo memiliki kuliner yang tak kalah lezat, yaitu serabi. Ini adalah jajanan ringan yang bisa dinikmati langsung atau dibawa sebagai oleh-oleh. Kuliner Solo lainnya adalah nasi liwet, tengkleng, timlo, dan sebagainya.

Nah, demikian fakta menarik seputar Solo yang sebaiknya Anda diketahui sebelum berkunjung ke kota ini. Untuk berkunjung, Anda bisa menggunakan transportasi darat maupun transportasi udara. Bandara Udara Adi Soemarmo melayani penerbangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Selamat menjelajah.***

Editor : Robert

33 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *