Peringati Hari Bumi CCAI Tanam 2300 Pohon

kegiatan “The POWER of Kartini untuk Bumi”, Minggu 22 April 2018.

Kegiatan “The POWER of Kartini untuk Bumi”, Minggu 22 April 2018.

TANGGAMUS, SUARAWAJARFM.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, setiap 21 April dan Hari Bumi pada 22 April,  Coca-Cola Amatil Indonesia(CCAI), bersama Institute Teknologi Sumatera ( ITERA ), Persaki, KPH Batu Tegi, Forum CSR Lampung, Trans Lampung, Agra Indonesia, Forum Pendidik Sukanegara, Karang Taruna, Rimbawan Pramuka Sakawanabhakti dan masyarakat sekitar Bendungan Batu Tegi menggelar kegiatan “The POWER of Kartini untuk Bumi”, Minggu 22 April 2018.

Kegiatan yang dipusatkan di Bendungan Batu Tegi Kabupaten Tanggamus ini adalah inisiatif bersama yang merupakan bagian dari kolaborasi untuk mewujudkan bumi yang lebih baik, dan diikuti oleh lebih dari 124 orang dan 97 diantaranya adalah peran Kartini dari Lampung.

Dalam kesempatan ini dilakukan diskusi singkat mengenai peran Kartini untuk mewujudkan lingkungan bumi dilanjutkan kemudian dengan penanaman sebanyak 2300 pohon buah dan bambu.

Dosen Teknik Lingkungan ITERA, Tastapyani Kurnia Nufotomo, S.Si., M.T. atau lebih akrab di sapa Ibu Tian, dalam kesempatan ini menuturkan alasan pemilihan tanaman bambu.

“Antara lain karena bambu memiliki nilai ekonomis dan keberagaman varietasnya memiliki kontribusi banyak untuk menghasilkan oksigen, bamboo adalah jenis tanaman yang memiliki pertumbuhan relatif cepat, akar tanaman bamboo mampu menjadi pengikat tanah dari ancaman erosi disekitar lereng Bendungan Batu Tegi. Selain itu tanaman bambu juga dapat menyimpan cadangan air lebih banyak,” jelasnya.

“Semoga saja gerakan ini akan menjadi awal gerakan Kartini muda untuk inspirasi lingkungan yang lebih besar dan melibatkan lebih banyak orang,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala KPH Batu Tegi, Y. Ruchyansyah, dalam sambutannya sangat mengapresiasi inisiatif semangat peran para Kartini dari Lampung untuk menginspirasi masyarakat lebih luas dalam dalam kegiatan menanam pohon di Bendungan Batu Tegi.

“Kedepan kawasan ini diharapkan akan menjadi kawasan ekowisata yang dapat memberikan edukasi langsung bagi keberlanjutan bumi yang lebih baik,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, CA Regional Manager West Yayan Sopian mengatakan, bagi Coca-Cola Amatil Indonesia peringatan hari Kartini memiliki banyak makna yang senantiasa mengingatkan bahwa kita semua memiliki hak akan dunia yang setara.

“Gerakan Kartini untuk bumi mengingatkan kita juga bahwa perjuangan untuk bumi masih jauh dari kata selesai. Kesetaraan peran bukanlah tentang perempuan merebut dunia dari tangan laki-laki. Ini adalah tentang kerjasama diantara kita semua,” jelasnya.

Tentang kolaborasi untuk mewujudkan bumi kita lebih baik, Yayan Sopian  mengajak agar mulai seperti halnya kartini dulu, yang memulainya dari rumah untuk menentukan yang terbaik bagi diri dan lingkungannya.

“Mari kita mulai dalam bingkai karya lingkungan untuk bumi yang kita cita-citakan bersama. Selamat hari Kartini dan hari Bumi 2018,” ujar Yayan.

Dia menambahkan, Kegiatan ini merupakan upaya CCAI dalam menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sustainability diterapkan dalam empat pilar: Environment, Our People, Wellbeing, dan Community.

Kegiatan rangkaian peringatan hari kartini dan hari bumi merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh CCAI untuk pilar Community dan Environment. Berbagai inisiatif serupa juga telah dilakukan oleh CCAI—utamanya untuk masyarakat yang bersentuhan langsung dengan fasilitas CCAI di seluruh wilayah operasinya.

Untuk diketahui, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI): Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) adalah perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terkemuka yang berdiri sejak Januari 1992 dan telah beroperasi di Indonesia selama 25 tahun.

CCAI merupakan anak perusahaan dari Coca-Cola Amatil (CCA), salah satu pembotolan Coca-Cola terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Sydney, Australia, dan sahamnya tercatat di Bursa Efek Australia.

CCAI mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur di Sumatera, Jawa dan Bali, mempekerjakan lebih dari 10.000 tenaga kerja, dan mendistribusikan jutaan minuman menyegarkan untuk lebih dari 700.000 outlet di seluruh Indonesia.***

Reporter : Robert

15 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *