PLN Lampung Respon Cepat Pasca Gangguan di Gardu Induk Baturaja

Ilustrasi PLN. Credits : Google

Ilustrasi PLN. Credits : Google

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Gangguan di Gardu Induk (GI) Baturaja yang terjadi pada Kamis malam 19 April 2018 menyebabkan jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV dari GI Bukit Asam ke GI Baturaja terputus. Hal itu menyebabkan sistem interkoneksi dari Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) ke Lampung juga terputus dan menyebabkan padam di beberapa daerah di provinsi Lampung.

“Manajemen PLN Distribusi Lampung menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut,” ujar Hendri A.H, Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Distribusi Lampung.

Sebagai informasi bahwa SUTT 150kV dari GI Bukit Asam ke GI Baturaja merupakan jaringan yang mengalirkan transfer daya listrik dari Sumbagsel ke provinsi Lampung dengan kapasitas maksimal 350MW dari total beban Lampung sebesar 950MW. Sehingga pada saat itu juga sistem Lampung kehilangan suplai daya sekitar 35%. Terputusnya suplai dari Sumbagsel menyebabkan padam yang terjadi di beberapa daerah pada Kamis malam 19 April 2018 pukul 21.02 WIB tersebut tidak dapat terhindarkan.

“Petugas kami di GI Baturaja langsung bergerak melakukan perbaikan dan selesai pada pukul 22.47 WIB malam itu juga. Sistem Lampung secara bertahap dilakukan penormalan dan pukul 23.31 WIB sistem Lampung telah normal kembali,” jelas Hendri.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan mohon dukungan seluruh pihak agar pembangunan SUTT jalur timur segera dapat diselesaikan, sehingga suplai daya dari Sumbagsel lebih handal dalam memasok kebutuhan listrik provinsi Lampung,” pungkas Hendri.

Selanjutnya, Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (0721) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, Twitter @PLN_123 atau download aplikasi PLN Mobile di PlayStore untuk pengguna handphone android. Informasi jadwal padam karena pemeliharaan dapat dilihat di Facebook Fanpage PLN Distribusi Lampung.***

Reporter : Robert

37 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *