Kementan Targetkan Lampung Serap Gabah 100 ribu Ton

Rapat terkait serapan gabah petani Sergap bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, Jumat 20 April 2018.

Rapat terkait serapan gabah petani Sergap bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, Jumat 20 April 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Pemerintah Pusat melalui Badan Ketahanan Pangan terus berupaya meningkatkan produksi beras di tingkat daerah penghasil pangan pokok masyarakat tersebut salah satunya di Lampung.

Oleh karena itu menjelang musim panen ini, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung mengadakan pertemuan dengan instansi terkait, untuk menjalankan program pemerintah guna meningkatkan produksi dan kualitas gabah para petani.

Dalam rapat yang diadakan di kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Pusat, Agung Hendriadi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir. Kusnardi, Kepala Bulog Divre Lampung M Atarr rizal, serta stakeholder terkait.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Pusat Agung Hendriadi mengatakan, Lampung mulai memasuki musim panen April, Mei, Juni ini, tentu harus dipikirkan bagaimana daerah ini bisa mempunyai cadangan beras pemerintah .

Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan juga sudah berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan pengelolaan cadangan beras pemerintah untuk mengambil gabah maupun beras dari petani, sesuai dengan Peraturan Inpres 5 tahun 2015.

“Ditargetkan dalam setahun, saat ini sampai dengan bulan Juni Lampung dapat menghasilkan beras sebanyak 100 ribu ton,” imbuhnya.

Dikatakan Agung Hendriadi, target tersebut sangat kecil, melihat produksi beras di Lampung 2,5 juta ton satu tahun. Hari ini sudah mencapai 15 ribu ton, masih diperlukan kerja keras. Setiap hari daerah ini mampu menyerap 1000 ton perhari saat musim panen, sehingga target bisa tecapai 80-100 persen.

“Saya datang kesini untuk bagaimana mengkoordinasikan dengan dinas terkait, seperti dinas pangan, bilulog divre Lampung, danrem, dandim, perpadi, balai pengkajian pertanian, dan alhamdulilah semua siap bekerjasama untuk mencapai target yang diinginkan,” ujarnya kepada Radio Suara Wajar saat ditemui usai rapat terkait serapan gabah petani (Sergap), Jumat 20 April 2018.***

Reporter : Robert

27 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *