BBC World Service Gelar Training Smartphone Newsgathering di Lampung

BBC World Service.

BBC World Service.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com –Telefon pintar atau smartphone dengan kemampuan multimedia canggih dan konektivitas jaringan telah membawa cara baru bagi reporter radio untuk menjalani profesi mereka yang super sibuk. Berita, foto dan video dapat diproduksi atau bahkan dipublikasikan langsung dari lapangan, membuat proses produksi berita lebih cepat dan lebih efisien.

Hal ini lah yang melatarbelakangi BBC World Service mengadakan “Training Smartphone Newsgathering” pada 64 radio mitranya di seluruh Indonesia.

“Ini untuk memberi pelatihan apa yang kami sebut smartphone newsgathering, bahwa dengan smartphone kita bisa mendapatkan tidak hanya audio, tapi foto, video, dan juga dari situ bisa menghasilakn artikel tertulis, audionya, dan videonya yang bisa terbitkan baik di situs, media sosial atau di radio masing-masing,” kata Endang Nurdin dari BBC World Service kepada Radio Suara Wajar Badar Lampung, Selasa 03 April 2018.    

Menurut Endang BBC World Service memiliki kewajiban untuk berbagi pengetahuan pada radio-radio mitra yang ada di Indonesia, khususnya bagi para reporter.

“Dan dengan itu, reporter radio mitra bisa saling berbagi konten baik dengan BBC atau pun sesama mitra. Berbagi kontennya itu adalah dengan kami terbitkan situs BBC Indonesia, atau melalui sosial media, atau melalui program-program radio, dan kami terbuka,” jelasnya.

Untuk kloter pertama Training Smartphone Newsgathering BBC World Service diselenggarakan di Novotel Lampung, 01-04 April 2018. Pesertanya sebanyak enam reporter dari kota yang berbeda yakni Jakarta, Purwokerto, Bandar Lampung, Pekanbaru, Bengkulu dan Palangka Raya.***

Reporter  : Robert

49 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *