Jalinan Toleransi Katolik dan Muslim Saat Paskah di Stasi Way Gelam Paroki Sidomulyo

Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Way Gelam dan Babinsa saat mengamankan lalu lintas di jalan depan Gereja Santo Andres, Minggu 01 April 2018.

Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Way Gelam dan Babinsa saat mengamankan lalu lintas di jalan depan Gereja Santo Andres, Minggu 01 April 2018.

SUARAWAJARFM.com, LAMPUNG SELATAN – Pukul 09.00 WIB Minggu 01 April 2018, suara shalawat dari pengeras suara Masjid At Taqwa di Desa Way Gelam, Candipuro, Lampung Selatan berkumandang. Sejumlah laki-laki dan perempuan dengan bisana khas muslim mulai memasuki kawasan masjid yang letaknya berdampingan dengan Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam, Paroki Sidomulyo, Keuskupan Tanjungkarang.

Beberapa Remaja Islam Masjid (Risma) dan Orang Muda Katolik (OMK) terlihat berdampingan di depan rumah ibadah mereka masing-masing mengamankan jalannya lalu lintas kendaraan yang melintas.

Secara bersamaan, dua rumah ibadah beda agama ini melaksanakan perayaan penting. Satu melaksanakan Rajaban dan Geraja Katolik melaksanakan Misa Hari Raya Paskah.

Ketika dirigen memandu koor menyanyikan lagu-lagu Paskah di sekitar seratus meter di sisi kanan sebelah gereja khatib Masjid At Taqwa tengah menyampaikan khotbah kegiatan keagamaan tersebut.

Suara meriah koor lagu-lagu Paskah dan khatib dari kedua tempat ibadah tersebut saling bersahutan dan terdengar jelas. Namun, pelaksanaan ibadah keduanya tetap berjalan dengan khidmat.

Tak hanya itu, kendati beda keyakinan, dua rumah ibadah tersebut memperlihatkan toleransi. Risma dan OMK setempat saling bahu membahu mengamankan kondisi lalu-lintas.

Maurinus Suharwanto salah satu tokoh umat Katolik di Stasi Way Gelam membeberkan, beberapa hari sebelum Minggu Paskah pihak masjid berkunjung ke rumahnya untuk bersilhaturahmi. Pihak Masjid At Taqwa meminta saran dan permohonan maaf tentang kegiatan keagamaan yang diadakan secara bersamaan itu.

“Saya bilang, tidak menjadi masalah Pak bagi kami (umat katolik), ini kesempatan kita untuk menunjukan bahwa hubungan antar umat beragama di Desa Way Gelam terjalin dengan baik,” kata Maurinus Suharwanto usai Misa Paskah.

RD FX. Agus Triono Pimpin Misa Paskah di Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam, Paroki Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu 01 April 2018.

RD FX. Agus Triono Pimpin Misa Paskah di Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam, Paroki Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu 01 April 2018.

RD FX. Agus Triono Pimpin Misa Paskah di Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam

Pastor Kepala Paroki Keluarga Kudus Sidomulyo RD FX. Agus Triono bersama konselebran Diakon Robertus Michael Nopen Saputro memimpin jalannya Misa Paskah di Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam.

Dalah homilinya Romo Agus Tri mengajak umat untuk tidak ragu-ragu akan rahmat yang diberikan Tuhan Yesus dalam kehidupan kita.

“Kita juga sering takut dan ragu-ragu dengan rahmat yang diberikan kepada kita, yang saat ini telah kita miliki, seperti para murid Yesus yang ditinggal wafat guru dan Tuhannya. Sebab kita hanya melihat kekurangan dalam diri kita yang merasa ditinggalkan Yesus,” kata Romo Agus Tri.

Romo Agus Tri meminta untuk senantiasa meneladani Yesus Kristus yang rendah hati dan memberi kesempatan pada diri agar dapat hidup dalam iman dan saling mengasihi dalam cinta kasih seperti ajaran-Nya.

“Dalam babtisan, kita menjadi manusia baru yang harus melepaskan diri dari kegelapan dosa kita seperti kesombongan, sikap egois, tipu daya, keserakahan dan fitnah,” katanya.

Romo Romo Agus Tri mengaskan bahwa cinta Yesus kepada umat manusia sunggung besar dan mulia.

“Itulah cinta sejati, karena cinta sejati mengalahkan segalanya. Maka dari itu, marilah lewat paskan ini kita mengenakan cinta yang besar dari Allah itu dalam kehidupan, Tuhan memberkati,” pungkasnya.

Sekedar tahu saja, Misa Paskah di Gereja Santo Andreas Stasi Way Gelam dimulai pukul 10.47 WIB diikuti sekitar 200-umat umat stasi gabungan dari beberapa stasi sekitar. Misa Paskah ditutup dengan makan bersama yang telah disiapkan oleh umat Stasi Way Gelam.***

Reporter : Robert

157 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *