Selamat Jalan Romo Antonius Martinus van Ooij SCJ

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Romo Antonius Martinus van Ooij SCJ telah berpulang pada Sabtu 24 Maret 2018 sekitar pukul 23.25 WIB di Jakarta.

Romo Antonius Martinus van Ooij SCJ pernah memberi pelayanan di Keuskupan Tanjungkarang.

“Datang dari Belanda langsung dapat tugas di Pringsewu, Kotagajah, Kalirejo, Murnijaya lalu jadi misionaris India, kembali ke Cilandak. Itu yg kuingat, belum pernah tugas di Palembang, “ kata Romo Yulianus Bambang Condro, Pastor Senior di Keuskupan Tanjungkarang, di Bandar Lampung, Selasa 27 Maret 2018.

Romo Antonius Martinus van Ooij SCJ. Credit : Majalah Hidup

Romo Antonius Martinus van Ooij SCJ. Credit : Majalah Hidup

Romo Van Ooij, sangat dikenal umat di Keuskupan Tanjungkarang khususnya di paroki-paroki yang pernah menjadi tempat pelayannya.

“Waktu itu saya masih ingat, ketika saya masih mudika (orang muda katolik), Romo Van Ooij adalah penggagas program M3. M3 itu Mudika Membangun Masyarakat,” kata Yohanes De Deo Widyastoko, mudika Gisting yang saat ini telah menetap di Bandar Lampung kepada Radio Suara Wajar, Selasa 27 Maret 2018.

“Seingat saya beliau (Romo Van Ooij) yang menggagas program karya dan doa (Kardo) pada masa bertugas di Paroki Kalirejo,” kata De Deo.

Menurut De Deo dalam program karya dan doa atau Kardo, Van Ooij mengajarkan pada umat untuk berkarya dalam doa.

“Karyanya karena mayoritas umat petani pada waktu itu, ya dengan pertanian itu. Nanti hasilnya sepersepulunya dipersembahkan untuk gereja, sehingga karya dan doanya nyambung  jadi satu,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radio Suara Wajar Bandar Lampung, Uskup Kesukupan Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono akan memimpin Misa Requiem pada Rabu 28 Maret 2018 pukul 09.00 WIB di Gereja Katolik Santo Yosef Pringsewu.

Selamat Jalan Van Ooij SCJ, damai di Surga.***

Reporter : Robert

144 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *