TOSS TBC Menuju Lampung Sehat, Maju dan Sejahtera

Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, PDPI, PPTI, SBH Gerakan Pramuka Kwarda Lampung dan IAKMI Lampung di Bundaran Tugu Adipura, Sabtu pagi 24 Maret 2018.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Provinsi Lampung, dr. Asih Hendrastuti (empat dari kanan) bersama jajaran PDPI, PPTI, SBH Gerakan Pramuka Kwarda Lampung dan IAKMI Lampung di Bundaran Tugu Adipura, Sabtu pagi 24 Maret 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Pada 24 Maret, Dunia memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS). Pemerintah Daerah Provinsi Lampung menyelenggarakan peringatan HTBS 2018 di Bundaran Tugu Adipura.

“Peringatan bentuk aksi simpatik dengan membagikan bunga dan masker kepada pengguna jalan raya, Sabtu pagi 24 Maret 2018, “kata Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Provinsi Lampung, dr. Asih Hendrastuti dalam release yang diterima Radio Suara Wajar, Sabtu, 24 Maret 2018.

Menurut dr. Asih, selain melakukan aksi simpatik, rencananya akan dilaksanakan seminar kesehatan dengan tema “Peduli TBC, Indonesia Sehat” pada Senin, 26 Maret 2018 di Ballroom Bapelkes Provinsi Lampung.

“Kegiatan peringatan HTBS 2018 di Provinsi Lampung ini dilakukan bekerja sama antara Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Pemerhati Tuberkulosis Indonesia (PPTI), Saka Bakti Husada (SBH) Gerakan Pramuka Kwarda Lampung dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Lampung,” papar dr. Asih.

Dijelaskan dr. Asih, tema HTBS 2018 adalah Wanted: Leaders for a TB-free world. You can make history. End TB dimana memberikan motivasi kepada kita semua untuk dapat  berpartisipasi untuk menyelesaikan masalah Tuberkulois.

“Tema Peringatan HTBS 2018 bertujuam mengajak setiap orang turut aktif dalam penanggulangan TBC melalui pekerjaan dan kegiatan mereka sehingga di Indonesia adaptasi tema tersebut adalah  Peduli TBC, Indonesia Sehat dengan aksi: Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC),” pungkasnya.

Aksi simpati peringatan HTBS 2018 di Bundaran Tugu Adipura, Sabtu, 24 Maret 2018.

Aksi simpati peringatan HTBS 2018 di Bundaran Tugu Adipura, Sabtu, 24 Maret 2018.

Masih kata dr. Asih, di Indonesia, diperkirakan ada 1.020.000 kasus baru TBC dan baru sepertiga yang ditemukan dan diobati. Masih ada yang belum ditemukan atau sudah ditemukan dan diobati namun belum dilaporkan.

“Oleh karena itu, pada Hari TBC Sedunia ini kita perlu meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya berobat sampai sembuh bagi setiap kasus TBC agar tidak menularkan penyakitnya pada orang di sekitarnya,” paparnya.

Dijelaskannya, orang terduga TBC ditandai dengan gejala batuk terus-menerus. Seringkali disertai berat badan yang menurun, kadang-kadang sesak nafas, dan berkeringat malam hari tanpa melakukan aktifitas.

“Penularan TBC juga berisiko pada kelompok orang yang tinggal di tempat  yang padat, ventilasi dan lantai yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Kondisi seperti ini sering ditemukan di rutan/lapas, sekolah berasrama, tempat kerja, masyarakat yang tinggal di lingkungan padat kumuh. Oleh karena itu, upaya penemuan dan pengobatan TBC perlu diupayakan agar menjangkau lingkungan seperti ini,” paparnya.

Pidato sambutan Menteri Kesehatan dr Nila Moeloek untuk peringatan HTBS 2018 menghimbau para penanggung-jawab atau pengelola institusi diatas untuk mengambil langkah nyata dan bermakna dalam pencegahan dan pengendalian TBC di lokasi-lokasi seperti tersebut.

“Peran keluarga dan mantan pasien adalah  kunci utama suksesnya gerakan TOSS-TBC. Semangat dan kepatuhan pasien untuk minum obat  ditentukan oleh dukungan keluarga,” ujar Menkes.

“Keberhasilan para mantan pasien TBC dalam menjalankan pengobatan dapat menjadikan mereka sebagai panutan dan motivator bagi pasien lainnya,” lanjut Menkes

Sebagai informasi, pada aksi hari ini Kadinkes dr. Reihana, M.Kes berujar “Peringatan HTBS 2018 diharapkan menjadi momentum untuk gerakan eliminasi TBC 2030 di Indonesia dan khususnya di Provinsi Lampung,”pungkasnya.***

Reporter : Robert

38 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *