Awas, Kurang Olahraga Berisiko Tulang Rapuh dan Cepat Mati

Lemak menumpuk di area perut adalah tanda buruknya metabolisme, dan hal ini sangat bisa disebabkan kurangnya olahraga. (iStockphoto)

Lemak menumpuk di area perut adalah tanda buruknya metabolisme, dan hal ini sangat bisa disebabkan kurangnya olahraga. (iStockphoto)

SUARAWAJARFM.com — Olahraga penting bagi tubuh. Aktivitas gerak badan ini tak hanya bermanfaat membakar lemak, melainkan juga menjaga fungsi tubuh tetap bekerja optimal.

Sayangnya, belum semua orang menyadari pentingnya berolahraga. Kesibukan bekerja kerap jadi alasan seseorang untuk melewatkan olahraga. Berikut dampak kurang olahraga  bagi tubuh.

  1. Dorongan makan makanan tak sehat

Ketika kurang olahraga, orang akan lebih sering memilih makanan tidak sehat karena lebih mudah dimakan serta ingin memenuhi kepuasan perut. Berbeda dengan orang yang sering olahraga, mereka akan terarahkan lebih memilih makanan sehat karena adanya dorongan untuk hidup sehat.

  1. Susah tidur nyenyak

Orang yang jarang olahraga akan susah tidur nyenyak dan tetap lelah setelah bangun tidur. Orang yang berolahraga akan lebih mudah tidur dan istirahat dengan baik karena secara alami, olahraga bisa memperbaiki sistem alam bawah sadar yang mengatur waktu tidur biologis.

  1. Gampang capek

Ketika tidak pernah olahraga, kamu akan merasakan lebih mudah lelah bahkan hanya naik tangga atau jalan-jalan berkeliling. Karena kamu tidak pernah melatih tubuhmu untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik sehingga kekuatan dan ketahanan fisikmu lemah.

  1. Perut buncit

Orang-orang yang jarang olahraga pasti punya perut buncit. Lemak menumpuk di area perut adalah tanda buruknya metabolisme, dan hal ini sangat bisa disebabkan kurangnya olahraga. Melambatnya metabolisme juga bisa menyebabkan kegemukan.

  1. Gampang marah dan stres

Orang yang kurang olahraga juga gampang marah, terpancing emosi dan stres. Karena sebenarnya saat olahraga, kita juga melepaskan energi negatif dalam tubuh, termasuk emosi. Ketika tidak olahraga, kamu menyimpan energi negatif di dalam tubuh dan hati. Olahraga juga bisa melepaskan homon serotonin dan dopamin yang membuatmu bahagia, kurang olahraga akan membuatmu stres dan tidak bahagia.

  1. Tulang rapuh

Kurangnya aktivitas fisik berarti kurangnya melatih tulang dan sendi. Osteoporosis sangat mungkin dipicu karena kurangnya olahraga. Kurang olahraga memicu penurunan mineral dan kepadatan tulang.

  1. Cepat mati

Sayangnya, kurang aktivitas juga bisa membuatmu cepat mati. Dalam artian, kamu jadi gampang sakit, menumpuk lemak, tubuh gemuk dan memicu banyak penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung dan lainnya sehingga memperpendek usia hidup.

Jadi, itu dia sekian efek buruk yang akan tubuhmu alami jika tidak pernah olahraga ladies. Yuk rajin olahraga biar tubuh tidak mengalami hal-hal di atas.***

Editor : Robert

93 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *