KSP Kodpdit Mekar Sai Lampung Akan Lakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017

KSP Kopdit Mekar Sai, Jl. Ir. H. Juanda No.75, Pahoman, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

KSP Kopdit Mekar Sai, Jl. Ir. H. Juanda No.75, Pahoman, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWJARFM.com — Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 26 tahun buku 2017 KSP Kopdit Mekar Sai diadakan di Ballroom Swiss-Belhotel, Bandarlampung pada Minggu, 25 Februari 2018.

Menurut rencana, RAT dimulai pukul 10.00 dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Lampung, Satria Alam. Agenda utama RAT akan dilaksanakan dalam dua sidang, yang pertama untuk mendengarkan laporan dan rencana kerja kepengurusan, dan yang kedua untuk pembahasan.

Tema yang diangkat pada RAT adalah Memperkokoh Persahabatan dengan Teknologi Finansial untuk Kesejahteraan Bersama.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Kopdit Mekar Sai, Andreas Muhi Pukai, tema ini memiliki tiga kata kunci yang sedang menjadi fokus dalam rencana program dalam tahun ini. Pertama, adalah persahabatan.

“Dalam lambang koperasi, kata persahabatan muncul lewat gambar rantai yang tak terputus, menggambarkan salah satu sifat dari koperasi yang ingin dibangun oleh Mekar Sai yaitu sifat persahabatan yang kokoh, kekeluargaan, kebersamaan menuju kesejahteraan,” ungkap Andre.

Kata kunci yang kedua adalah teknologi finansial. Di dalamnya tercakup impian Mekar Sai untuk mengikuti perkembangan teknologi yang mau tidak mau menjadi sarana untuk berbagai kemudahan. Teknologi finansial terus menerus digunakan oleh Mekar Sai untuk mempermudah, mempercepat dan memperluas jangkauan pelayanan koperasi terhadap anggota.

“Ketiga yang tidak boleh diabaikan adalah kesejahteraan bersama. Ini sesuai juga dengan tema hari koperasi internasional tahun lalu: “Co-operative ensure no one is left behind”. Tidak boleh ada satu pun dari anggota tertinggal ketika koperasi dinyatakan sedang berkembang. Semua anggota tanpa kecuali harus mendapatkan kesejahteraan karena keanggotaannya di Mekar Sai,” tandas Andre.

Tema RAT tersebut juga diterjemahkan dalam rangkaian acara RAT, yang dimulai sehari sebelum puncak acara. Sarasehan diadakan pada Sabtu, 24 Februari 2018 pukul 09.30 – 12.00 mengundang generasi muda dari berbagai komunitas dengan narasumber Anis Saadah, penggiat koperasi dari Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo), Jakarta. Sarasehan dilakukan di Kantor Mekar Sai, Pahoman, Bandarlampung, ingin menunjukkan bahwa orang muda mempunyai ruang yang sangat luas dalam koperasi sekaligus mempunyai peluang besar untuk mendapatkan manfaat dari koperasi. Pada hari yang sama setelah sarasehan diadakan penarikan undian, sebagai bentuk penyemangat bagi anggota Mekar Sai yang aktif dalam gerak dan perkembangan koperasi.

Ini adalah pertama kalinya Kopdit Mekar Sai mempercayakan panitia inti RAT pada para ibu. “Saat menentukan kepanitiaan inti kami mempertimbangkan kapasitas dan kompetensi dari tiap orang. Bahwa ternyata nama-nama yang muncul adalah nama-nama para ibu, ini adalah nilai lebihnya karena pada kenyataannya peran para ibu sangat besar dalam pencapaian kesejahteraan keluarga maupun dalam koperasi,” jelas Andre.***

Repoter : Robert

102 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *