Industri Manufaktur Bahan Karet dari Lampung Mengalami Kenaikan

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum dalam Jumpa Pers Berita Resmi Statistik, di Ruang Video Conference, BPS Provinsi Lampung, Kamis 1 Februari 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum dalam Jumpa Pers Berita Resmi Statistik, di Ruang Video Conference, BPS Provinsi Lampung, Kamis 1 Februari 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum dalam Jumpa Pers Berita Resmi Statistik, di Ruang Video Conference, BPS Provinsi Lampung, Kamis 1 Februari 2018, menjelaskan kenaikan pertumbuhan produksi industri manufaktur Provinsi Lampung triwulan IV tahun 2107.

Jenis-jenis industri manufaktur mikro dan kecil yang mengalami kenaikan tertinggi, papar Yeane, terjadi pada triwulan IV/2017 terhadap triwulan III/2017 yakni industri karet dan barang dari karet, mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 132,73%. Lalu, Industri kendaraan bermotor, trailer dan semi trailer, mengalami peningkatan sebesar 33,33% dan lndustri tekstil, naik sebesar 13,85%.

“Walau secara per kwartal (q to q) pada triwulan I tahun 2017 mengalami penurunan, namun mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada triwulan II dan III tahun 2017 yaitu sebesar 12,11% dan 17,86. Dan juga dibanding tahun sebelumnya (Y on Y) pada triwulan IV tahun 2017 menunjukkan kenaikan sebesar 2,49 persen,” ujar Yeane.

Pertumbuhan pada triwulan IV tahun 2017 tersebut, lanjut Yeane, menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan produksi hasil pengolahan produk-produk industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan IV tahun ini. Hal ini bisa dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya.

Lalu pada Produksi lndustri Manufaktur Mikro dan Kecil (IMK) Provinsi Lampung, selama setahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang cendrung fluktuatif juga. ” Secara per kwartal, pada triwulan I tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 1,64 %. Pada triwulan II dan triwulan lll tahun 2017 produksi industri manufaktur mikro dan kecil menunjukkan penurunan yaitu sebesar 4,47 % dan 0,64 %. Pada triwulan IV tahun 2017 pertumbuhan kembali mengalami peningkatan sebesar 0,03%,” kata Yeane.***

Reporter : Robert

49 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *