Gubernur Ridho Bersilaturahmi dengan Ribuan ASN, Guru dan Petani Lambar

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

LAMPUNG BARAT, SUARAWAJARFM.com — Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bersilaturahmi dengan ribuan masyarakat Lampung Barat dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), Aparatur Pekon dan kelompok tani se-kabupaten Lampung Barat dalam rangkaian kunjungan kerja Gubernur di Kabupaten tersebut, Rabu 24 Januari 2018.

Gubernur Ridho disambut hangat masyarakat di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Liwa. “Alhamdulillah kita semua dapat berkumpul bersama di GOR Aji Saka yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lampung Barat. Sebelum menuju ke GOR, saya telah meninjau perbaikan infrastruktur jalan yang diperbaiki dari Suoh menuju Bandar Negeri. Alhamdulillah pembangunannya berjalan lancar, dan insya Allah jalan menuju ke Suoh sudah tidak ada hambatan,” ujar Gubernur.

Gubernur menyampaikan beberapa hari yang lalu (Minggu 21 Januari 2018, red), Presiden RI Joko Widodo meresmikan dua segmen Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Lampung Hal ini mengukir sejarah bagi Lampung yang untuk pertama kalinya memiliki jalan tol.

“Kita adalah salah satu Provinsi yang memiliki jalan tol dari ujung ke ujung perbatasan Provinsi. Untuk itu, mohon do’anya agar di 2018 jalan tol tersebut dapat selesai sepenuhnya, sehingga mampu membawa manfaat bagi masyarakat Lampung,” jelas Ridho.

Saat ini, lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi Lampung sangtat concern menjalankan tiga program strategis daerah, yaitu ketahanan pangan, industri dan pariwisata.

“Untuk sektor ketahanan pangan, Provinsi Lampung mampu memperkuat ketahanan pangan dengan surplus beras nomor 4 secara nasional. Selain itu Lampung juga mengembangkan sejumlah industri. Di antaranya yang dikembangkan di Lampung barat seperti kopi robusta. Dengan meningkatkan sektor industri ini diharapkan Lampung Barat tidak lagi menjual kopi dalam bentuk mentah. Sebab hal itu akan berpengaruh dalam meningkatkan perekonomian petani kopi,” ujar Gubernur Ridho.

Pemerintah Provinsi Lampung juga concern mengembangkan sektor pariwisata di Lampung Barat, Tanggamus,  dan Pesisir Barat. Hal tersebut telah dibuktikan dengan adanya peningkatan Bandara Taufik Kiemas dengan memperpanjang landasannya. “Karena peningkatan sektor pariwisata akan turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung,” jelas Ridho.

Di bidang pendidikan, lanjut Gubernur, Pemprov mendapat kepercayaan untuk menangani SMA/SMK. “Kita memberikan BOSda (Bantuan Operasional Sekolah) Daerah dan memberikan sekolah gratis untuk SMA/SMK,” ujar Gubernur. Diharapkan dengan program ini, siswa yang lemah secara perekonomian tetaop bisa menempuh pendidikan.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengucapkan terimakasih karena Gubernur Ridho telah mau berkunjung ke Lampung Barat, bahkan menyempatkan diri ke GOR Aji Saka. “Ini adalah bukti nyata bahwa Gubernur Ridho sangat ingin bersilaturahmi dengan masyarakat Lampung Barat,” jelas Parosil.

Parosil juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur karena beliau sangat concern dengan pendidikan Lampung. “Dengan pengambilan alih SMA/SMK di tangan Provinsi, pengelolaan makin baik. Ditambah lagi dengan program BOS Daerah Provinsi, yang memberi bantuan bagi siswa Rp1 juta per orang serta intensif kepada guru honor,” kata parosil.

Dalam kesempatan itu,  Gubernur Ridho menyerahkan bantuan bagi masyarakat Lampung Barat sekitar Rp3,45 miliar. Juga program pembangunan bidang pertanian sekitar Rp9,10 miliar,  BOS Daerah Provinsi Lampung SMA/SMK Negeri Lampung Barat sekitar Rp9,4 miliar, bantuan buffer stock bencana alam sebanyak 48 paket, serta penyerahan SK bagi guru honorer.***

Reporter : Robert

101 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *