4 Tarian Indonesia Melanglang Buana ke India

ASEAN-India Students Exchange Program 2018.

ASEAN-India Students Exchange Program 2018.

NEW DELHI, SUARAWAJARFM.com – Empat tarian Indonesia dipertunjukkan di New Delhi, India, tepatnya dalam rangkaian acara ASEAN-India Students Exchange Program 2018.

Tari Yamko Rambe Yamko, Nganggung, Elok Elok Pukek, dan Tarek Pukat dipentaskan oleh 24 delegasi dari Indonesia, di mana kesemuanya merupakan mahasiswa.

Untuk mempersiapkan keempat tarian yang ditonton oleh delegasi dari ASEAN, selama lima bulan mereka mengkoordinasikan via virtual — karena berasal dari daerah yang berbeda, dan mereka baru dapat latihan bersama pada tiga hari sebelum berangkat ke Indonesia.

Dua puluh empat delegasi tersebut merupakan mahasiswa yang berasal dari provinsi berbeda di Indonesia, dengan seleksi dari masing-masing daerah.

Selama berada di India, seperti dikutip dari Liputan6.com, mereka mengunjungi empat kota, yakni Mumbai, Pune, Agra, dan New Delhi.

Tak hanya berkunjung ke lokasi wisata, mereka juga mengunjungi sejumlah perusahaan manufaktur di India, seperti Zamil Steel dan Godrej.

Selain itu, mereka juga berkunjung ke beberapa universitas, salah satunya adalah Symbiosis International.

Melalui ASEAN-India Students Exchange yang diadakan oleh Confederation of Indian Industry (CII) dan ASEAN, salah satu delegasi dari Indonesia mengaku senang dan mendapat banyak pelajaran dari program tersebut.

“Di sini saya belajar banyak soal keberagaman,” ujar Mona Dwi Artika, mahasiswi semester lima Universitas Riau.

“Saya menjadi lebih open minded. Belajar soal keberagaman, bahwa semua meski kita berbeda tapi bisa sama-sama,” imbuh dia.

Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang akrab disapa Mona itu, mengaku senang dapat bertemu dan belajar dari delegasi negara-negara ASEAN di India.***

Editor : Robert

185 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *