Lampung Masuk 12 Besar Terbaik Nasional Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan

Wakil Gubernur Bachtiar Basri saat membuka secara resmi sekaligus sebagai key note speaker Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Provinsi Lampung tahun 2017 di Hotel Emersia Bandar Lampung, 28 Desember 2017.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri saat membuka secara resmi sekaligus sebagai key note speaker Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Provinsi Lampung tahun 2017 di Hotel Emersia Bandar Lampung, 28 Desember 2017.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Komitmen Gubernur Muhammad Ridho Ficardo untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance dan clean government) berhasil menempatkan Lampung masuk 12 besar nasional dalam penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kementerian Dalam Negeri. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Bachtiar Basri saat membuka secara resmi sekaligus sebagai key note speaker Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Provinsi Lampung tahun 2017, di Hotel Emersia Bandar Lampung, 28 Desember 2017.

Prestasi Inspektorat Provinsi Lampung ini, ujar Bachtiart, disampaikan pada Rapat pemutakhiran data Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Pengaduan Masyarakat yang dilaksanakan di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat pada 11 Desember 2017 lalu. Penghargaan Langsung diterima oleh Wakil Gubernur Bachtiar Basri yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri.

Penghargaan ini menjadi berita baik dalam segi pengawasan, bahwa Provinsi Lampung secara tepat waktu menyelesaikan Tindak Lanjut sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2017.

“Prestasi ini sebagai wujud komitmen Pemprov untuk menciptakan good governance dengan kondisi ideal, agar semua kegiatan Pemerintah Daerah dapat terukur termasuk kegiatan pengawasan,” kata Wagub.

Pada kesempatan tersebut Wagub juga menyerahkan penghargaan kepada tiga Kabupaten yang mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten yang menyelesaikan tindak lanjut terbaik. Peringkat pertama di terima oleh Kabupaten Tulang Bawang Barat, peringkat kedua Kabupaten Pringsewu dan ketiga Kabupaten Mesuji.

Lebih lanjut Wagub berharap agar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) lebih profesional dan bersertifikat. Pengawasan selain menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses manajemen, pengawasan harus memberikan solusi didalam OPD untuk memaksimalkan output dari kegiatan, bahkan outcome dari kegiatan tersebut.

Sementara itu, Inspektur Provinsi Lampung Syaiful Darmawan menyampaikan Gelarwasda Provinsi Lampung diadakan agar tercipta tindak lanjut hasil pengawasan dan penanganannya dapat lebih efektif. Selain itu dapat menjadi masukan bagi perencana dan pengambilan keputusan.

“Tujuan diadakan Gelarwasda hasil pemeriksaan tahun 2004 – 2016 adalah untuk memberikan informasi hasil pengawasan dan mempercepat terciptanya penyelesaian tindak lanjut serta peningkatan kualitas pengawasan fungsional dan menghindarkan adanya kesalahan yang berulang – ulang satuan kerja sebagai objek pemeriksaan”,  kata syaiful.

Dijelaskannya juga Gelarwasda Provinsi Lampung tahun 2017  kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati / Wakil wali Kota Se – Provinsi Lampung, Inspektur Kabupaten Kepala Dinas / Badan / Biro Provinsi Lampung, serta BPKP Perwakilan Lampung.***

Reporter : Robert

79 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *