HKN ke-53, Gubernur Ridho Bantu Operasi Katarak Gratis 270 Pasien

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, Sabtu 25 November 2017.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, Sabtu 25 November 2017.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung menggelar bakti sosial operasi katarak gratis, deteksi kanker serviks dengan pemeriksaan inspeksi visual asam (IVA) dan papsmear gratis, dan donor darah. Operasi gratis ini diikuti 270 penderita katarak, 204 peserta IVA test, dan 120 pendonor darah.

Upaya Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo membantu masyarakat kurang mampu ini merupakan bagian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang berlangsung selam dua hari yakni Jumat 24 November 2017 dan Sabtu 25 November 2017. Acara ini didukung Persatuan Dokter Spesialis Mata (Perdami), BPJS Kesehatan, Palang Merah Indonesia, dan Yayasan Budha Tzu Chi.

Atas nama Gubernur Ridho, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto, berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban penderita katarak. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian RSUDAM sebagai sahabat masyarakat menuju Lampung sehat untuk mewujudkan Indonesia sehat,” kata Heri Suliyanto, Sabtu 25 November 2017.

Salah satu komponen terpenting pencegahan penyakit, kata Heri, adalah prilaku sehat yang dipengaruhi kualitas lingkungan, sarana, dan prasarana kesehatan. Dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Lampung, jelas Heri, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung sepenuhnya RSUDAM menjadi rumah sakit terbaik se-Sumatera.

Hal ini terlihat dengan dianggarkannya dana untuk peningkatan pelayanan di RSUDAM Provinsi Lampung pada 2017 sebesar Rp 147 miliar. “Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUDAM Provinsi Lampung memiliki beberapa alat canggih seperti alat canggih kateterisasi jantung dan angiografi (cath lab), CT Scan 128 Slice, dan alat laparoskopy, anastesi machine, bed side monitor, dan berbagai alat canggih lainnya.

Bakti sosial ini menurut Direktur RSUDAM, Hery Djoko Subandriyo, merupakan upaya menuju masyarakat hidup sehat. “Operasi katarak, dilaksanakan di instalasi bedah sentral RSUDAM yang merupakan instalasi bedah terbaik di Lampung,” kata Hery.

Dalam meningkatkan fasilitas RSUDAM, ujar Heri, Gubernur Ridho Ficardo meningkatkan fisik bangunan RSUDAM dan menambah sarana dan prasarana. Selain bakti sosial, digelar berbagai perlombaan antar instansi di RSUDAM yakni ruangan dengan penerapan standar akreditasi terbaik, lomba ruangan terbersih, lomba ruangan dengan tertib administasi JKN, kepala ruangan dengan penatalaksanaan ruangan terbaik, dokter dengan pengelolaan rekam medik terbaik, lomba senam germas, dan lomba capacity building.***

Reporter : Robert

14 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *