Di Mal Boemi Kedaton, Ada Pameran Museum Manusia Purba Sangiran

Kasi Pengembangan Balai Kelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Muhammad Taufik, saat memberikan sambutannya pada pembukaan acara Pameran Museum Manusia Purba Sangiran, di Mal Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung, Rabu 22 November 2017.

Kasi Pengembangan Balai Kelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Muhammad Taufik, saat memberikan sambutannya pada pembukaan acara Pameran Museum Manusia Purba Sangiran, di Mal Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung, Rabu 22 November 2017.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, mengadakan pameran 5 Kota di pulau Sumatera. Untuk di Lampung Pameran Museum Manusia Purba Sangiran, berlangsung di Mal Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung, pada 22-26 November 2017.

Kasi Pengembangan Balai Kelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Muhammad Taufik, saat memberikan sambutannya pada acara pembukaan mengatakan, Situs Sangiran adalah salah satu situs prasejarah yang penting di lndonesia.

“Potensi Situs Sangiran akan tinggalan masa lalu terendapkan dalam tanah berusia jutaan tahun silam,” katanya.

Menurut Muhammad Taufik, bukti-bukti kehidupan masa lalu dari masa 2,4 juta tahun hingga 250.000 tahun ditemukan dalam kuantitas dan kualitas yang prima. Bahkan dunia pun mengakui potensi situs Sangiran sebagai salah satu warisan Dunia yang penting.

“United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco) menilai bahwa Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia,” tambahnya.

Dijelaskan Muhammad Taufik, dengan temuan sekitar 80 individu sisa manusia purba jenis Homo erectus, Situs Sangiran menyumbang 50% populasi temuan Homo Erectus Dunia.

“Artefak sebagai budaya manusia telah menjadi bukti kecerdasan manusia purba dalam memanfaatakan alam,” katanya.

Dikatakannya, semua temuan tersebut, juga fosilfosil fauna ditemukan dalam setiap lapisan tanah yang merekam setiap perubahan lingkungan yang pernah terjadi di Sangiran Outstanding Universal Value atau nilai penting yang bersifat universal dan unik ini tidak ditemukan di situs-situs prasejarah dunia lainnya.

Ditambahkan Muhammad Taufik, Road Show Sangiran, Pameran 5 Kota Sumatera adalah salah satu program untuk penyebarluasan informasi nilai penting Situs Sangiran dan juga informasi beberapa situs sejenis lainnya di Indonesia.

“Pameran ini menyajikan koleksi replika temuan manusia purba jenis Homo erectus dari Situs Sangiran dan beberapa situs lainnya, koleksi berbagai temuan artefak dan fosil-fosil fauna,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Road Show tersebut hadir di 5 kota besar di Sumatera, yaitu Medan (18-22 oktober 2017), Pekanbaru (1-5 November 2017) Jambi (8-12 November 2017), Palembang (15-19 November 2017), dan Bandar Lampung (22-26 November 2017).***

Reporter : Robert

32 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *