Tahun Baru, Jalan Tol Lampung Diresmikan Gratis Dua Bulan

Rapat Tim Evaluasi Tol Lampung, di Jakarta, Kamis 9 November 2017 sore.

Rapat Tim Evaluasi Tol Lampung, di Jakarta, Kamis 9 November 2017 sore.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas kilometer 0,00 hingga kilometer 8,9 dari Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni, hingga Sidomulyo, Lampung Selatan. Kemudian, ruas kilometer 72,0 hingga kilometer 80,0 di Institut Teknologi Sumarera (Itera) Kotabaru, Jati Agung, Lampung Selatan.

Peresmian dijadwalkan 15 Desember 2017 menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018. Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, pemakai jalan tol digratiskan selama dua bulan. “Pemerintah memberi kesempatan kepada masyarakat mencoba jalan tol ini secara gratis selama dua bulan,” kata Sutono usai rapat Tim Evaluasi Tol Lampung, di Jakarta, Kamis 9 November 2017 sore.

Rapat dipimpin tiga menteri yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofjan Djalil. Dari Lampung, selain Sutono rapat juga dihadiri Bupati Mesuji Khamami, Assiten I Sekdakab Tulangbawang Barat Agus Subagyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung Budhi Darmawan, dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Zainal Abidin.

Rapat juga sepakat target pembangunan JTTS Lampung ruas Bakauheni-Pematang Panggang Mesuji, beroperasio Juni 2018 untuk mendukung Asian Games yang berlangsung mulai 18 Agustus 2018. Penyelesaian tanah ditargetkan rampung November 2017.

Menurut Zainal Abidin, ruas jalan tol Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 38 km dapat dilalui pengendara saat keluar dari Dermaga 6. “Kalau keluar dari areal pelabuhan, ada dua petunjuk jalan. Satu ke jalan yang ada sekarang, jalur yang kedua masuk jalan tol,” kata Zainal Abidin.

Pengendara yang memilih lewat jalan tol, kata Zainal, akan keluar di tol exit Sidomulyo. Dari Bakauheni hingga Sidomulyo ada tiga pintu tol yakni di km 9 Bakauheni, km 23 Kalianda, dan km 38 Sidomulyo. “Hingga kini tol yang siap operasi tembus hingga 23 km pintu tol Kalianda,” kata Zainal.***

Reporter : Robert

21 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *