5 Taktik Cegah Stres di Jalan Sepulang Kerja

5 Taktik Cegah Stres di Jalan Sepulang Kerja.

5 Taktik Cegah Stres di Jalan Sepulang Kerja.

SUARAWAJARFM.com — Selain jauh, macet, kereta penuh sesak, atau jadwal bus yang terlambat kerap membuat stres mereka yang memiliki rumah jauh dari kantor.

Bahkan terbukti dalam studi, orang yang menempuh perjalanan lebih dari 1,5 jam sekali jalan, memiliki tingkat stres dan cemas tinggi dari yang rumahnya dekat. Hal ini terungkap dalam UK Office of National Statistics mengutip Time.

Bagi Anda yang hampir setiap hari menempuh jarak puluhan kilometer dari rumah ke kantor dan sebaliknya, ada beberapa hal sederhana bisa dilakukan di perjalanan agar tidak stres. Mengutip Huffington Post, Kamis 02 Oktober 2017 berikut enam diantaranya.

  1. Ketahui pilihan alasan memilih kantor yang jaraknya jauh dari rumah

Rasa cemas dan stres bisa berkurang ketika memahami alasan punya rumah jauh dari kantor. Bahwa ini adalah keputusan Anda sendiri tentang dimana tinggal dan kerja seperti disampaikan psikiater University of Pittsburgh, Frank Ghinassi.

  1. Jadikan waktu di jalan sebagai waktu untuk rileks

“Saat di perjalanan jauh atau macet, kerap dianggap sebagai kejadian yang membuang-buang waktu,” kata Ghinassi. Namun, ada beberap orang yang melihatnya sebagai waktu untuk banyak hal. Misalnya menelpon orang terkasih, mendengarkan lagu kesukaan, membaca novel.

  1. Berdiri atau duduk kereta sambil meditasi

Jangan bayangkan meditasi di transportasi publik dengann kaki bersila. Tidak seperti itu. Penulis Mindfulness: Finding Peace In A Frantic World, Danny Penman, menyarankan cara meditasi dengan menyadari suara di sekitar tanpa perlu menilainya.

“Jika Anda sedang menyetir, cara yang dilakukan cukup dengan fokus pada jalan sembari mengobservasi suara atau pemandangan yang ada di depan,” katanya.

  1. Dengarkan musik klasik

Banyak studi mengungkapkan mendengarkan musik klasik seperti Mozart atau musik tempo tenang mampu menurunkan perasaan cemas dan stres.

  1. Saatnya detoks alat elektronik

Saat di kantor Anda berkutat dengan monitor maupun HP, lalu saat di rumah bakal menonton TV. Lalu, kapan waktu untuk Anda bebas dari perangkat elektronik? Ya saat dalam perjalanan.

Banyak orang memilih scroll media sosial saat naik kereta atau bus. Padahal hal itu bisa meningkatkan tingkat stres seseorang. Akan lebih baik untuk bebas dari gawai saat perjalanan panjang ke rumah atau kantor. Hal tersebut lebih bermanfaat bagi mental dan fisik karena seseorang jadi lebih bisa mindfulness atau melakukan refleksi dalam hidup.***

Editor : Robert

33 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *