AIMI Lampung EdukASI MPASI Pangan Lokal

AIMI Lampung Goes to Puskesmas.

AIMI Lampung Goes to Puskesmas.

BANDARLAMPUNG, SUARAWAJARFM.com  — Tak cuma sosialisasi manfaat ASI, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Lampung juga mengajak masyarakat paham gizi seimbang untuk anak.

Ketua AIMI Lampung Upi Fitriyanti mengatakan baik ASI maupun MPASI merupakan hak dasar anak yang harus dipenuhi oleh orang tuanya.

“Tetapi bagaimana pemenuhan hak itu bisa terlaksana kalau orang tua tidak paham apa itu manfaat ASI dan gizi seimbang,” kata Upi pada Selasa 31 Oktober 2017.

Pemerintah saat ini sedang gencar sosialisasi dan penanggulangan stunting lewat penambahan zat besi pada remaja dan ibu hamil.

“AIMI sendiri menjalankan peran lainnya. Kami lebih fokus mengajak masyarakat khususnya kaum perempuan mampu memberikan ASI nya pada anak yang dilahirkan selanjutnya memberi makanan gizi seimbang mulai sejak 6 bulan,” katanya lagi.

Pemenuhan gizi seimbang yang sering didengungkan AIMI adalah dengan mengkonsumsi produk lokal yang mudah ditemukan di pasaran.

Sosialisasi tersebut pada peringatan HUT ke-2 AIMI Lampung berlangsung di tiga puskesmas yakni Puskesmas Kedaton Kota Bandar Lampung, Puskesmas Sukarame Kota Bandar Lampung dan Puskesmas Gading Rejo Kabupaten Pringsewu.

Puncak rangkaian HUT tersebut yakni seminar kesehatan pada Minggu 26 November mendatang, dengan tema “ASI eksklusif dan MPASI sehat bagi generasi Ruwa Jurai Ungguk”

Pada seminar tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A., IBCLC yang merupakan Konsultan Menyusui dan Ketua Sentra LaktASI Indonesia (SELASI) dengan materi “ASI Eksklusif Untuk Tumbuh Kembang Anak”.

Selain itu juga DR. dr. Tan Shot Yet, M.Hum. yang merupakan Ahli Gizi dan Penulis Buku dengan materi “MPASI Gizi Seimbang Upaya Mengatasi Masalah Stunting”.

“Selain sosialisasi dan seminar kesehatan, kami juga mengadakan lomba foto yang bertujuan untuk melibatkan peran ayah dalam pemberian ASI dan MPASI,” tutupnya.***

Reporter : Robert

34 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *