Renungan Harian, Kamis, 19 Oktober 2017

Ilustrasi. Sumber foto : 1.bp.blogspot.com

Ilustrasi. Sumber foto : 1.bp.blogspot.com

Hari Biasa XXVIII

Bacaan:

Roma 3:21-29

Lukas 11:47-54

MEMPERSIAPKAN KEDATANGAN KRISTUS

Sahabat, pada pembukaan Surat kepada Jemaat di Roma Paulus menerangkan, bahwa manusia ditebus oleh iman. Baik orang Yahudi maupun bukan, kurang mematuhi hukum. Kristuslah yang menebus kita: Dengan mengimani Dia kita diperdamaikan dengan Allah. Kendati karya itu amat penting, namun nilai dan kekuatannya terletak pada iman.

Satulah kesalahan para ahli Taurat, yaitu tetap berpegang pada beberapa nabi. Padahal mereka itu bukan pokok, mereka hanya mempersiapkan kedatangan Kristus. Tambahan dari nabi lain atau dari Kristus sendiri tidak mereka terima. Dengan demikian mereka merintangi orang lain sehingga tak dapat bertemu dengan Kristus dalam hidup.

Sahabat, satu hal yang pasti dalam hidup kita: tanpa iman yang mantap hukum kehilangan arti. Bila kita ingin masuk menjadi warga Gereja dan mengikat janji untuk hidup sebagai orang kristiani seperti yang diberikan teladannya oleh Kristus sendiri, maka kita akan lebih mudah mengakui, bahwa diperlukan hukum dan peraturan.

Doa

Bapa, sumber iman kepercayaan, kami bersyukur telah Kau anugerahi iman dan Kau perkenankan ikut serta dalam Roh-Mu. Kami mohon kekuatan agar mampu menyelesaikan apa yang telah Kau mulai melalui Yesus, kini dan selamanya. Amin.***

Tuhan memberkati.***

Oleh : RD Piet Yunanto Sukawiluya

51 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *