Hebat! Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

Sumber foto : globalfirepower.com

Sumber foto : globalfirepower.com

SUARAWAJARFM.com — Militer Indonesia menjadi yang terkuat di kawasan Asia Tenggara dan Australia versi Global Firepower Index 2017. Sementara di tingkat dunia, kekuatan militer Indonesia berada di urutan ke-14 dari 133 negara.

Peringkat tersebut diukur berdasarkan lebih dari 50 faktor. Termasuk anggaran militer, jumlah personel, dan alat utama sistem pertahanan atau alutsista. Selain itu, ketersediaan sumber daya alam dan industri senjata lokal juga jadi bahan pertimbangan.

Berdasarkan data Global Firepower, kekuatan militer Indonesia terdiri dari 975.750 personel, 441 pesawat militer, 418 tank, dan 221 armada laut. Cukup besar jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, Indonesia membutuhkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaik dunia untuk mendukung kemampuan TNI menjaga dan melindungi kedaulatan negara.

“Kita doakan semoga pejabat-pejabat negara ini sadar bahwa ancaman semakin jelas dan kita perlu memiliki alat utama sistem persenjataan nomor satu di dunia,” kata Gatot usai berziarah di Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta, Selasa 19 September 2017.

Menurut dia, Indonesia dengan wilayah yang sangat luas perlu dijaga dengan dukungan alutsista yang memadai. “Kita kan tahu luas wilayah kita bukan main, sehingga harus dijaga bukan hanya dengan doa saja,” kata dia.

Gatot berharap pengadaan alutsista dengan kualitas terbaik segera direalisasikan. Apalagi, pengadaan alutsista itu, menurut dia, juga telah diperintahkan oleh Presiden Jokowi.

“Presiden sudah memerintahkan 18 bulan yang lalu, TNI hanya memberikan spek (spesifikasi) saja,” kata dia seperti dikutip dari Liputan6.com.

Pembelian pesawat TNI, menurut dia, harus dipastikan bisa digunakan untuk bertempur dan dilengkapi dengan senjata yang lengkap.

“Jangan kita membeli pesawat yang tidak ada senjata, senjatanya pura-pura. Jumlahnya (pesawat) seribu tapi kalau tidak punya senjata, itu untuk demonstrasi saja,” kata Gatot.***

Editor : Robert

37 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *