Dewan Ketahanan Nasional Rumuskan Kebijakan Nasional untuk Lampung

Anggota Wantannas Sumari, saat diterima Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri di ruang kerjanya, Selasa 3 Oktober 2017.

Anggota Wantannas Sumari, saat diterima Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri di ruang kerjanya, Selasa 3 Oktober 2017.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) siap membantu mengintensifkan potensi ekonomi dan mempertahankan perputaran uang tetap di Provinsi Lampung melalui peningkatan produk unggulan lokal. “Lampung tidak miskin. Dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki, Lampung termasuk provinsi yang tangguh di Indonesia,”  kata Anggota Wantannas Sumari, saat diterima  Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri di ruang kerjanya, Selasa 3 Oktober 2017.

Kedatangan rombongan Wantannas yang dipimpin Deputi Politik dan Strategis Dewan Ketahanan Nasional, Tjetjep Agus S, itu untuk merumuskan kebijakan nasional untuk Lampung. “Dewan Ketahanan Nasional diketuai Presiden beranggotakan 14 Kementerian. Di antaranya empat Menko serta para Menteri, BIN, TNI dan POLRI. Sedangkan kegiatan harian dilaksanakan Sekretariat Jenderal yang saat ini dipimpin Letjen Nugroho Widyotomo,” kata Tjetjep.

Wagub Bachtiar Basri meminta dinas Instansi terkait membantu tugas Wantannas, dengan menyediakan data terkait pembangunan di Provinsi Lampung untuk dikaji sebagai bahan masukan kebijakan nasional di Lampung. “Tim Watannas akan mengunjungi lokasi pembangunan Kawasan Industri Maritim (KIM) Tanggamus sebagai salah satu program strategis nasional di Provinsi Lampung,” kata Wagub.

Menurut Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, Lampung memiliki kebijakan dengan mengklasifikasi pembangunan menjadi tiga. Di antaranya kawasan ketahanan pangan yang berhasil menempatkan Provinsi Lampung menjadi penghasil singkong, gula, dan kopi robusta terbesar di Indonesia. Kemudian, pembangunan kawasan perindustrian, dan pembangunan kawasan pariwisata. Lampung memilki potensi wiasata yang ikonik seperti Way Kambas, Gunung Krakatau, Teluk Lampung, dan wisata selancar di Tanjung Setia, Pesisir Barat.***

Reporter : Robert

31 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *