Renungan Harian, Selasa 26 September 2017

Jesus meeting mother of James and John

Bacaan: Lukas 8:19-21

Yesus dan sanak saudara-Nya

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. 8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: “Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau.” 8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”

Renungan

“Ibu dan saudara-saudara-Ku ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang melakukannya”

Yesus mengajari kita berdoa “Bapa Kami”. Dalam doa ini ditegaskan bahwa dalam Yesus kita semua adalah saudara se-Bapa. Kriterianya amat jelas, yakni mendengarkan firman Allah, baik itu Yesus sendiri maupun Sabda Tuhan dalam Kitab Suci. Lalu melaksanakannya. Dalam hal ini, kita mempunyai teladan yang sempurna, yakni Bunda Maria. Dengan semboyannya “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” (Luk1:38), ia sungguh-sungguh menjadi pendengar dan pelaku firman.

Di dalam rahimnya, Ia mengandung Sang Firman lalu melahirkan-Nya untuk kita. Seraya mengasuh dan membesarkan-Nya, ia terus-menerus mendengarkan-Nya dan ketika tidak mengerti akan sabda-Nya, Maria diam, merenung dan menyimpan semua perkara itu dalam hatinya (Luk2:49-51). Ia hadir bersama orang banyak untuk mendengarkan Yesus mengajar. Ia pun menemani-Nya sepanjang jalan salib sampai Yesus disalibkan, wafat dan dimakamkan.

Di puncak golgota, Maria mendengarkan sabda Yesus untuk terakhir kali sebelum ia wafat, “Ibu, inilah anakmu” (Yoh 19:26). Maria pun melaksanakan sabda itu dan menjadi ibu bagi para murid. Ia tinggal di rumah Yohanes (Yoh 19:27) dan selalu bersama para murid untuk bertekun dengan sehati dalam doa bersama sambil menanti datangnya Roh Kudus (Kis 1:14).

Doa: Tuhan, berkat doa dan teladan Bunda Maria, jadikanlah kami pendengar dan pelaku sabda-Mu yang baik. Amin. -agawpr-

 

59 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *