Gubernur Lampung: Pantai Teluk Nipah Masuk Kawasan Ekonomi Khusus

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com —  Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan usulan memasukkan Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), disampaikan ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Mariani Soemarno, saat rapat di Kementerian Keuangan, di Istana Negara, Jakarta, pada 14 September 2017. Menurut Ridho, kawasan Pantai Teluk Nipah cocok masuk KEK Pariwisata yang dirancang bersama Kementerian Pariwisata.

“Kebetulan saya duduk bersebelahan dengan Ibu Menteri Rini Soemarno. Lalu, saya sampaikan bahwa Menteri Pariwisata setuju membangun KEK di Lampung Selatan pada 2018. Saya ingin Pantai Teluk Nipah yang masuk dalam kawasan PTPN 7, juga masuk KEK agar potensinya tergali, karena pantai ini lebih indah dari Nusa Dua, Bali,” kata Gubernur Ridho, Sabtu 23 September 2017.

Gubernur mengusulkan ke Menteri BUMN agar Pantai Teluk Nipah dikelola dan dialihkan ke Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Gubernur menilai, ITDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang banyak mengelola kawasan pariwisata terkenal di Tanah Air, seperti Nusa Dua, Bali dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Saat bertemu di Istana Negara tersebut, Gubernur Ridho berharap Menteri BUMN dapat berkunjung ke Teluk Nipah, untuk melihat langsung. Ridho mengapresiasi cepatnya kunjungan tersebut dan menugaskan sejumlah pejabat Pemprov Lampung mendampingi. “Makanya yang mendampingi Kepala Dinas Perkebunan. Lalu saya tambahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Bappeda, karena urusan perencanaan wilayah pariwisata,” kata Ridho.

Saat pembukaan Lampung Krakatau Festival (LKF) di Balairung Soesilo Sudarman, Kementerian Pariwisata, pada 7 Agustus 2017, Gubernur Ridho mengusulkan dua KEK Pariwisata ke pemerintah pusat, yakni KEK Krui, Pesisir Barat, dan KEK Kalianda. Menteri Pariwisata Arief Yahya, memilih KEK Kalianda karena lebih mudah diakses dari Jakarta. Menpar optimistis karena tiga prioritas program Gubernur Ridho salah satunya adalah pariwisata.

Atas keputusan Menpar itulah, Gubernur Ridho meminta Menteri BUMN menjadikan kawasan Pantai Teluk Nipah dimasukkan ke KEK Kalianda. Menteri Rini Soemarno meresponnya dengan berkunjung ke Pantai Teluk Nipah, Sabtu 23 September 2017. Kawasan ini masuk merupakan kebun karet Unit Usaha Bergen PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7 Kalianda. “Kebun ini bisa dikonvensi menjadi pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” ujar Rini.

Kedekatan Teluk Nipah dari Jakarta, kata Rini, membuat Pantai Teluk Nipah, berpotensi besar jadi destinasi wisata. “Pantai Teluk Nipah memiliki laut terbuka dan ada teluknya indah. Jadi ini memiliki potensi yang baik bagi perkembangan pariwisata,” kata Rini.***

Reporter : Robert

38 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *