Studi Menunjukkan, Tersenyum Mampu Bikin Wajah Tampak Awet Muda

Ilustrasi senyum (REUTERS / Yves Herman)

Ilustrasi senyum (REUTERS / Yves Herman)

SUARAWAJARFM.com — Untuk mendapatkan penampilan yang terlihat lebih muda, kebanyakan orang melakukan berbagai perawatan serta mengubah penampilan sehari-hari. Padahal ada langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat wajah Anda tampak lebih muda dan awet muda.

Dilansir dari laman WebMD, Senin 4 September 2017 sebuah studi baru menunjukkan bahwa ketika orang melihat foto-foto berwajah tersenyum, mereka mungkin akan menebak-nebak usia dari orang di foto tersebut lebih muda dibandingkan ketika foto orang dengan ekspresi diam atau marah.

Para peneliti di Psychology and Aging mengatakan ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki dampak besar pada akurasi dan bias perkiraan usia seseorang. Maka tak heran jika kita selalu mendengar istilah, “sering marah, nanti cepat tua”.

Tersenyum bisa buat wajah tampak lebih muda

“Meskipun perkiraan usia sering dapat didasari pada beberapa isyarat, ada banyak situasi di mana gambaran wajah seseorang adalah satu-satunya informasi yang tersedia,” kata peneliti Manuel C. Voelkle dari Max Planck Institute for Human Development beserta rekannya di Berlin.

“Secara khusus, dengan menjamurnya jaringan pribadi atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya, telah menjadi sebuah hal yang umum seseorang berbagi foto, meskipun seringkali tanpa tambahan informasi tambahan berapa usianya,” tulis Manuel dan tim.

Namun, para peneliti ini juga mengatakan bahwa foto seseorang sedang tersenyum dan tertawa bahagia juga bisa menciptakan garis kerutan di sekitar mata dan mulut. Sehingga cukup sulit membedakan apakah seseorang dalam foto tersebut benar-benar memiliki kerutan atau tidak. Tapi tetap saja, senyuman telah terbukti membuat seseorang terlihat lebih menarik dan membuat mereka tampak awet muda.***

Editor    : Robert

44 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *