Pemprov Lampung Targetkan Predikat Sangat Baik

Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis

Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi Lampung dari predikat B (baik) menjadi BB (sangat baik).

“SAKIP merupakan cerminan dalam pencapaian kinerja pegawai oleh karena itu diharapkan keseriusan dari setiap OPD untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing, melaksanakan kinerja sesuai dengan target capaian yang ditentukan.”

Demikian dikatakan Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis saat memimpin rapat persiapan pra evaluasi SAKIP Pemerintah Provinsi Lampung di Ruang rapat Kantor Bappeda Lt.III Provinsi Lampung, Jumat 25 Agustus 2017.

Di tahun 2017 Pemerintah Provinsi menargetkan akan mencapai predikat BB. “Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan semangat seluruh Pejabat OPD di Provinsi Lampung dalam meningkatkan kinerja sehingga predikat BB mampu dicapai,” jelas Hamartoni

Kepala Biro Organisasi Aris Padilla menjelaskan Pemerintah Provinsi akan memenuhi rekomendasi yang diberikan Menpan RB. “Kita harus melakukan peningkatan kinerja, sehingga kita siap menerima kunjungan dari Tim Evaluasi dari Tim Kementrian RB setiap saat,” kata Aris

Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Hidayati menjelaskan komposisi penilaian evaluasi SAKIP pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya perencanaan kinerja (30%), pengukuran kinerja (25%), pelaporan kinerja (15%), evaluasi internal (10%) dan capaian kinerja (20%). “Komponen ini merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan predikat SAKIP,” ujarnya.

Adapun prasyarat menuju predikat BB diantaranya pengantar, kontribusi OPD yang semakin besar, komitmen pimpinan tertinggi, cascading kinerja, rencana aksi pencapaian kinerja, penggunaan aplikasi sistem informasi kinerja berbasis elektronik dan E-performance based budgeting.

Ia menjelaskan kedepan pihaknya akan memberikan pendampingan kepada 31 SKPD Provinsi Lampung sebelum tim evaluasi dari MenpanRB melakukan evaluasi. “Minimal 70% mampu memperoleh nilai BB. Tentunya semua itu dibutuhkan komitmen dalam setiap pelaksanaan tugasnya,” kata Hidayati.

Auditor Inspektorat Diah menjelaskan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam penerapan SAKIP adalah perencanaan kinerja dan perencanaan kinerja tahunan.

Sedangkan Sekretaris Bappeda Elvira menjelaskan SAKIP bukanlah hanya sebuah target nilai, tetapi SAKIP akan mampu memperbaiki kinerja dalam mencapai target kinerja.***

Reporter : Robert

 

17 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *