Renungan Harian, Kamis 24 Agustus 2017

Filipus dan Natanael

Kamis Pekan Biasa XXI, Pesta St. Bartolomeus Rasul

Bacaan: Yohanes 1:45-51

Natanael Bertemu Yesus

1:45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” 1:46 Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” 1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” 1:48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” 1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” 1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Renungan

Orang yang senantiasa mendekatkan diri pada yang Ilahi, “akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” Itulah yang disampaikan Yesus bagi Natanael (Bartolomeus). Natanael diberi identitas “orang Israel sejati” oleh Yesus karena sikap dan tindakannya. Ia senantiasa menanti kedatangan Sang Mesias. Maka ajakan Filipus ‘mari dan lihatlah’ menghantarnya berjumpa dengan yang selama ini ia nantikan, yakni Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.

Natanael nampaknya bukan orang biasa pada umumnya. Ia adalah seorang terpelajar, paling tidak sungguh mendalami keagamaan. Ia tahu persis tentang Nazaret dan apa yang ada di sana. Maka ia sampai pada pertanyaan “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”. Namun yang mengagumkan, ia tetap mau datang dan menjumpai Yesus. Ia terbuka pada ajakan Filipus. Lebih mengagetkan ketika Yesus sudah tau tentang dirinya.

Bagi kita saat ini, yang sudah menerima Yesus dalam hidup kita, pertanyaan yang bisa kita ajukan adalah ‘adakah sesuatu yang baik datang dari hidup saya karena saya murid Kristus?’. Jangan-jangan sudah sekian lama kita menjadi murid Kristus tetapi masih dipertanyakan “mungkinkah sesuatu yang baik datang dari padanya?”.

Mari kita membuat kebaikan-kebaikan yang membuat diri kita mampu berkembang. Ada begitu banyak hal yang lebih besar yang akan kita lihat dan temui. Mungkin saja hal itu membuat kita semakin berkembang, atau malah justru sebaliknya. Hanya satu pegangan kita, seperti Natanael, mari dan lihatlah Yesus, sang  Mesias. Datang kepada-Nya, menimba kekuatan dari pada-Nya, dan mempersembahkan semuanya pada-Nya. Tuhan memberkati.

 

36 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *