Sekilas Pere Joseph Gourdon MEP

Rm. Joseph Gourdon MEP (photo dari akun FB Yohanes Sunaryo)

Rm. Joseph Gourdon MEP (photo dari akun FB Yohanes Sunaryo)

RADIO SUARA WAJAR – Menyalin dari buku ‘Simfoni Ladang Bakti- Seorang Musafir’, redaksi radio suara wajar menyampaikan kembali tulisan itu dengan beberapa editing yang diperlukan. Berdasarkan buku itu, romo Joseph Gourdon MEP Lahir di Beaupreau, Perancis bagian tengah pada tanggal 21 Juli 1945. Ia terlahir dengan nama Joseph Gerard Marie Rene Gourdon. Ia ikut belajar pada tujuh sekolah sebelum masuk Seminari Tinggi MEP di Paris. Romo Jo pernah berdinas di tentara Perancis selama 16 bulan. Ia juga pernah mengajar di SMP selama satu tahun pelajaran.

Kemudian Jo muda masuk lagi ke Seminari Tinggi di Paris. Pada tahun 1973 ia ditahbisan menjadi imam di keuskupan Angers (keuskupan asalnya) oleh uskup keuskupan Angres sebagai sacerdos ad exteros. Pada 1 Januari 1975 romo Jo muda pergi ke Vietnam sebagai misionaris. Lima bulan kemudian, tepatnya pada 1 Mei 1975, ia kembali ke Prancis dari Vietnam.

Rm Jo pernah belajar sebentar di Inggris lalu pulang ke Prancis. Di Prancis ia pernah bekerja sebagai penanggung jawab satu supermarket, merangkap sebagai tukang pompa bensin di supermarket yang sama. Pada 14 Februari 1978 romo Jo meninggalkan Prancis dan tiba di Indonesia pada 18 Maret 1978

Di Lampung, romo Jo pernah berkarya di Paroki St. Yosep Pringsewu, St. Paulus Kotagajah, St. Petrus Kalirejo, dan paroki Hati Kudus Yesus Metro.

Rm. Joseph Gourdon, MEP telah menghadap Bapa di surga pada Sabtu, 5 Agustus 2017, pukul 03.00 WIB di RSB  St. Maria Metro.

Saat ini, jenazah Rm Jo disemayamkan di Gereja Hati Kudus, Metro. Minggu, 6 Agutus 2017 besok pagi, pukul 11.00 WIB, jenazah akan dibawa menuju Gereja Katedral Kristus Raja. Misa Requiem akan dilaksanakan pada senin, 7 Agustus 2017 di Gereja Katedral Kristus Raja pada pukul 09.00 WIB. (ed.mr.jo)

 

 

136 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *