Warga Gedung Meneng Tulang Bawang: “Seperti Baru Merdeka Ada Listrik di Desa Kami. Terima Kasih Gubernur”

PLTS Gedung Meneng, Tulang Bawang

PLTS Gedung Meneng, Tulang Bawang

TULANG BAWANG, SUARAWAJARFM.com — “Rasanya seperti baru merdeka ada listrik di desa kami, karena sebelumnya gelap terus. Belum pernah ada listrik dari sejak desa ini ada. Ya dari sebelum Indonesia Merdekalah itulah. Memang sebelumnya warga pernah mengusahakan secara mandiri tapi tidak berhasil. Terus Pak Gubernur membangun PLTS disini. Kami sangat berterimakasih dan mendukung program-program pembangunan Pak Ridho. Ingin jumpa rasanya kami dengan beliau,” ucap Azhar Bambang, salah satu tokoh masyarakat Gedung Meneng, Tulang Bawang, Kamis 27 Juli 2017.

Azhar Bambang, salah satu tokoh masyarakat yang dituakan di desa tersebut, menyatakan sanyat bersyukur dengan adanya PLTS yang dibangun oleh Gubernur Lampung melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung.

Sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dalam menyejahterakan masyarakat, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo memberikan perhatian khusus kepada daerah-daerah di Provinsi Lampung yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan listrik PLN karena kondisi geografis yang tidak memungkinkan.

Guna mengatasi masalah tersebut, Gubernur Ridho melalui Dinas Energi Dan Sumber daya Manusia (ESDM) Provinsi Lampung mengupayakan agar masyarakat di daerah-daerah terpencil dapat menikmati listrik juga. Yaitu dengan cara membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Salah satu Desa yang telah memperoleh manfat dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini adalah Desa Gedung Meneng di Kabupaten Tulang bawang.

Pembangunan PLTS di Desa Gedung Meneng telah dimulai pada Tahun Anggaran 2016. Selesai dikerjakan beberapa waktu lalu di tahun 2017. Dalam kegiatan serah-terima PLTS antara Pemerintah Provinsi dan masyarakat setempat, Kamis 27 Juli 2017 pagi, Gubernur M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung, Prihatono G. Zain, menyatakan bahwa pembangunan PLTS adalah sebagai bentuk perhatian Khusus Pak Gubernur kepada wilayah-wilayah yang belum memungkinkan mendapat jaringan listrik.

“Pembangunan PLTS ini adalah sebagai perhatian khusus Pak Gubernur terhadap wilayah-wilayah yang memang masih belum memungkinkan di jangkau oleh jaringan listrik PLN, maka dengan bantuan PLTS ini diharapkan visi beliau untuk menjadikan Lampung sebagai daerah yang maju dan sejahtera dapat terwujud,” jelas Prihartono.

Lebih lanjut Gubernur Ridho berpesan agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara secara baik aset dan peralatan yang telah dibangun dengan baik agar dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Adapun PLTS yang dibangun di desa Gedung meneng ini mempunyai kekuatan 50 KWP dan telah salurkan melalui tiang-tiang jaringan listrik yang dibangun secara bergotong royong ke 300 rumah penduduk. Tidak sampai disitu, untuk melatih kemandirian masyarakat desa dalam mengelola PLTS tersebut, Dinas ESDM Lampung telah mengirimkan dua orang warga setempat untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Teknis PLTS Terpusat bagi pengelola, ke Jakarta pada tanggal 16 sampai 22 Juli 2017. Dari 16 peserta se-Indonesia yang mengikuti Diklat tersebut, perwakilan dari PLTS Desa Gedung Meneng keluar sebagai peserta terbaik dan memperoleh predikat nilai “Memuaskan”.

Ari Iskandar Aji Putra salah seorang pengelola PLTS desa Gedung Meneng menyatakan sangat berterimakasih atas bantuan Gubernur M. Ridho Ficardo yang telah membangun PLTS di desanya. Terlebih dengan mengutusnya ke diklat pengelola PLTS.

“Terimakasih Pak Ridho, kami sekarang bisa merasakan listrik seperti daerah-daerah yang lainnya, apalagi saya dikasih kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat desa dengan menjadi pengelola PLTS ini,” ujarnya.

Nada serupa diucapkan A.Syarifudin selaku Sekdes yang meyatakan sangat terbantu dengan adanya PLTS tersebut.

Sebelum melakukan serah-terima PLTS dengan Masyarakat, Dinas ESDM Lampung telah melakukan sosialisasi penyebarluasan informasi penghematan pemakaian listrik di Desa Gedung Meneng selama 2 hari dari tanggal 26 -27 Juli 2017.

Sebagai informasi, dari seluruh desa di Provinsi Lampung, 16% diantaranya adalah desa yang belum berlistrik. Desa Gedung Meneng adalah desa yang beruntung karena mendapat kesempatan pertama pembangunan PLTS.

Untuk selanjutnya akan ada 3 desa lagi di tahun 2017 yang mendapatkan bantuan pembangunan PLTS, yaitu di Pahawang, Punduh Pidada, dan Lumbok Seminung.***

Reporter : Robert

47 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *