Dinsos Lampung Menggelar Bimtek Pengelola Kube Fm di Kabupaten Lampung Utara

Kepala Dinas Sosial Provisni Lampung pada acara Kegiatan bimbingan teknis penerima manfaat di Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, Selasa 25 Juli 2017

Kepala Dinas Sosial Provisni Lampung pada acara Kegiatan bimbingan teknis penerima manfaat di Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara, Selasa 25 Juli 2017

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJAR.com — Penanganan fakir miskin perdesaan merupakan salah satu upaya strategi nasional dalam mewujudkan sistem ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial. Dinas Sosial Provinsi Lampung melalui program penanganan fakir miskin melaksanakan kegiatan penanggulangan kemiskinan dengan model usah ekonomi produktif melalui kelompok usaha bersama.

Sehubungan dengan hal tersebut  maka untuk mewujudkan keberhasilan program diperlukan bimbingan teknis penerima manfaat dalam menjalankan usaha ekonomi produktif. Kegiatan bimbingan teknis penerima manfaat di Kabupaten Lampung Utara telah dilaksanakan pada Selasa 25 Juli 2017 bertempat Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Sumarju Saeni Msc, didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara M. Erwinsyah, S, STP, M. Si.

Sumarju dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan KUBE untuk masing kelompok sebanyak Rp.20 juta dan dipergunakan untuk modal usaha sebagaimana proposal yang telah disampaikan ke Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Bantuan tersebut disampaikan melalui rekening bank kelompok dengan demikian diterima sesuai jumlahnya.

“Bantuan ini utuh diterima oleh KUBE dan tidak ada pemotongan atau setoran kepada siapapun juga,” katanya.

Selanjutnya Sumarju mengatakan bahwa tujuan pemberian bantuan ini semata mata untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan pendapatan meningkat maka keluarga dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara mandiri seperti kebutuhan sandang, papan, pangan, kesehatan dan pendidikan bagi anak-anaknya.

Sementara itu Erwinsyah mengucapkan terimakasihnya kepada Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang telah mengalokasikan kegiatan KUBE di Kabupaten Lampung Utara.

Kepada para pengelola Erwin berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sungguh sungguh sehingga KPM dapat meningkat pendapatannya. Dengan pendapatan meningkat maka akan terwujut keluarga yang bahagia dan sejahtera.

“Saya berharap dengan kelompok ini dapat terjalin hubungan antar keluarga yang kondusif, meningkatnya kepedulian dan gotong royong serta terciptanya desa yang aman, damai serta sejahtera,” katanya.

Diinformasikan oleh Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Perdesaan Haveana peserta bimtek yang berjumlah 60 orang terdiri dari ketua/ sekretaris dan pendamping KUBE. Bimtek ini bermaksud agar anggota kelompok mempunyai kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan bantuan usaha ekonomi produktif melalui kelompok usaha bersama yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

Haveana juga menginformasikan bahwa alokasi Penanganan Kemiskinan melalui KUBE pada tahun 2017 di Kabupatem Lampung Utara sebanyak 26 KUBE dengan alokasi anggaran sebanyak Rp. 520 juta.

“Adapun sasaran programnya di Kecamatan Blambangan Pagar sebanyak 13 kelompok dan Kecamatan Abung Surakarta sebanyak 13 kelompok,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

38 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *