Rapat Kerja Nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) Berlangsung di Lampung

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham saat membuka acara rapat kerja nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) di Swiss-Bell Hotel Bandar Lampung, Rabu 26 Juli 2017.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham saat membuka acara rapat kerja nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) di Swiss-Bell Hotel Bandar Lampung, Rabu 26 Juli 2017.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham berharap momentum Rapat Kerja Nasional Asosiasi DPRD Provinsi seluruh Indonesia mampu melahirkan suatu pemikiran yang utuh dan memberikan program kerja konkrit serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan dalam acara rapat kerja nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) dengan tema ‘melalui Asosisasi DPRD provinsi Seluruh Indonesia, kita samakan persepsi dan langkah implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017’ yang dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel Bandar Lampung, Rabu 26 Juli 2017.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham menyampaikan suatu kehormatan bagi Pemerintah Provinsi Lampung karena kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia tahun 2017.

Ia menjelaskan ADPSI merupakan suatu wadah yang independen,  sebagai saran untuk tukar menukar informasi antar anggota DPRD Se-Indonesia dan kerjasama yang bersifat konsultatif, yang memiliki peran penting dalam menunjang tugas, fungsi dan pelayanan yang prima bagi pimpinan dan anggota DPRD provinsi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Lebih lanjut, Adeham menjelaskan bahwa tolak ukur keberhasilan DPRD dalam menjalankan tugas tentunya tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama secara kelembagaan dengan pemerintah daerah,  sehingga peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Melalui kegiatan ini, semoga kita mampu mendukung dan mengimplementasikan pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 18 Tahun 2017. Hal ini karena PP tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran dan tanggungjawab lembaga perwakilan rakyat, menjamin keterwakilan rakyat dan daerah, mengembangkan mekanisme keseimbangan antara DPRD dan Pemerintah Daerah serta meningkatkan kualitas,  produktivitas kinerja DPRD,” jelasnya.

Ketua ADPSI Asep Rahmatullah menyampaikan melalui Rapat Kerja Nasional, ia mengajak dalam menyamakan persepsi dan langkah dalam implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017.

“Kita perlu menyamakan persepsi dan kesamaan dalam pengimplementasian PP tersebut, sehingga terdapat mekanisme keseimbangan antara DPRD dan Pemerintah Daerah serta meningkatkan kualitas, produktivitas kinerja DPRD,” katanya.

Lebih dari itu, Asep menjelaskan untuk tahun 2018, pelaksanaan ADPSI akan dilaksanakan di Provinsi Aceh,  bali dan bangka belitung. Untuk itu diharapkan pimpinan DPRD mampu mendukung dan mengawal rencana ini, sehingga acara tersebut mampu berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal mengucapkan selamat datang di Provinsi Lampung, semoga kehadirannya mampu merasakan dan menikmati berbagai objek wisata maupun objek lainnya yang ada di Provinsi Lampung.

Dedi menjelaskan dalam kurun waktu 5 tahun, Provinsi Lampung telah menjadi tuan rumah sebanyak 3 kali. “Semoga ajang kali ini mampu dijadikan sebagai media dalam bertukar informasi dan ide gagasan, serta kerjasama yang dapat dilakukan antara daerah,” ujarnya.

Dalam acara ini dihadiri PLH. Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Achyar Hanafi, BPK RI, 24 pimpinan DPRD, serta perwakilan DPRD, Sekretaris Dewan, Perwakilan BI Provinsi Lampung, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung.***

Reporter : Robert

17 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *