Hari ini, Seleksi Daerah ASEAN Skill Competition (ASC) XII dibuka

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham saat membuka Acara Seleksi Daerah ASEAN Skill Competition (ASC) XII Provinsi Lampung di Auditorium Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Bandar Lampung, Rabu 19 Juli 2017

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham saat membuka Acara Seleksi Daerah ASEAN Skill Competition (ASC) XII Provinsi Lampung di Auditorium Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Bandar Lampung, Rabu 19 Juli 2017

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap para pelajar  mampu bersaing dengan memiliki kemampuan yang bertaraf internasional guna menghadapai persaingan global serta mengharumkan nama Provinsi Lampung baik di ajang nasional dan internasional. Demikian disampaikan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham pada saat membuka Acara Seleksi Daerah ASEAN Skill Competition (ASC) XII Provinsi Lampung di Auditorium Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Bandar Lampung, Rabu 19 Juli 2017.

Adeham menjelaskan seleksi daerah kompetisi keterampilan ASEAN Skill Competition (ASC) bertujuan untuk memilih calon kompetitor yang akan mengikuti seleksi Nasional melalui kompetisi keterampilan di tingkat Provinsi dengan menggunakan materi dan standar yang mengacu pada test project/soal atau tuntutan kerja atau kinerja yang harus dilaksanakan oleh peserta kompetisi.

“Kita akan menyeleksi kompetitor muda yang berbakat dan memiliki kompetensi serta terbaik, diharapkan melalui ajang ini akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan bertaraf internasional dan mampu membawa nama baik Provinsi Lampung ke tingkat nasional dan internasional,” kata Adeham.

Sementara itu, Kementerian Ketenagakerjaan yang diwakili Penyelia Seleksi Daerah ASC KE-XII Rinto Sugito menjelaskan pada tahun 2016, Indonesia mampu menduduki peringkat II pada pelaksanaan ASC XI di Malaysia. “Indonesia mampu berhasil mendapatkan penghargaan pada semua kejuruan yang diikuti. Namun tentunya, Indonesia tetap menginginkan adanya peningkatan prestasi diberbagai ajang yang dilombakan,” ujarnya.

Ia menjelaskan dalam rangka meningkatkan prestasi Indonesia pada ajang ASC XII di Thailand, maka diadakan selekda di berbagai Provinsi dengan tujuan untuk mendapatkan calon kompetitor yang berkualitas.

“Semoga pelaksanaan seleksi daerah diberbagai Provinsi mampu berjalan baik dan lancar. Untuk itu, penyelenggaraan selekda patut mendapatkan perhatian yang serius karena merupakan hal yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendapatkan calon kompetitor yang unggul dan tangguh,” kata Rinto.

Rinto Sugito berharap selekda ASC XII mampu dimanfaatkan sebagai sarana untuk memotivasi para tenaga kerja muda untuk selalu berupaya dalam mengembangkan kompetensinya hingga mencapai standar internasional.

“Semoga seleksi ASC XII dapat dijadikan sarana bagi Provinsi untuk mempromosikan kualitas dan kualifikasi tenaga kerjanya serta menjadi gambaran yang baik bagi investor untuk berpartisipasi di daerahnya,” harapnya.

Ketua Yayasan Universitas Teknokrat Indonesia Mahatir Muhammad mengucapkan terimakasih karena UTI telah dipercaya Pemerintah Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Seleksi Daerah ASEAN Skill Competition (ASC) XII di Provinsi Lampung.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi peserta untuk mampu bersaing dalam hal keterampilan dan kemampuan, bukan hanya tingkat Nasional tetapi tingkat ASEAN. Untuk itu, perlunya dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dan stakeholder terkait guna memajukan pendidikan di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Mahatir berharap para lulusan mampu termotivasi untuk terus mengasah diri, sehingga mampu bersaing dan berlomba serta meningkatkan kemampuan yang mampu mengharumkan nama Provinsi Lampung.

Adapun perlombaan yang dilombakan diantaranya mobile robotic, design grafis, automobile technology, welding/las listrik dan electrical instalasi. Setiap perlombaan diikuti oleh 10 peserta dengan rentang usia dibawah 21 tahun, peserta tersebut terdiri dari peserta didik dari BLK, mahasiswa UTI,  dan alumni SMA/SMK. Selanjutnya peserta yang lolos, akan dibawa ke pusat untuk dilombakan dengan para juara dari daerah lain di Indonesia guna menentukan calon juara yang akan mewakili Indonesia di ASEAN Skill Competition (ASC) XII di Thailand tahun 2018.***

Reporter : Robert

52 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *