Terapkan 4 Kebiasaan pada Anak agar Sukses Keuangan dan Karier

4 kebiasaan yang harus diterapkan kepada anak agar sukses keuangan dan karier

4 kebiasaan yang harus diterapkan kepada anak agar sukses keuangan dan karier

SUARAWAJARFM.com — Konon, bila orangtua yang sukses, anaknya pun otomatis ikut sukses. Tapi kenyataannya, kesuksesan orangtua tidak menjamin sang anak pasti berhasil juga kelak.

Namun zaman terus berkembang. Bisa jadi model pendidikan zaman dulu sudah tidak pas lagi diterapkan pada zaman sekarang.

Sebagai referensi, DuitPintar.com memberikan contoh kebiasaan anak yang harus diterapkan sejak dini demi kesuksesan keuangan dan karier.

  1. Menabung

Anjuran menabung sudah diajarkan sejak dulu di sekolah-sekolah. Namun pilihan menabung pada zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Dulu, anak lebih banyak menabung dengan cara tradisional yakni menyimpan uang dalam celengan daripada rekening bank.

Kini, semua bank punya produk tabungan untuk anak. Kita bisa membuatkan tabungan untuk buah hati dengan yang berbarengan dengan rekening kita.

  1. Membaca

Membaca adalah aktivitas langka di zaman ini, ketika kebanyakan orang lebih suka menatap layar gadget ketimbang buka lembar demi lembar buku. Sebagai orangtua, Anda bisa coba ajak anak setidaknya sebulan sekali ke toko buku untuk beli bacaan yang ia sukai. Bimbing untuk memilih buku yang tidak cuma bertema hiburan. Mau seminggu sekali juga boleh, lebih bagus malah. Tidak perlu takut uang habis gara-gara rutin beli buku. Toh, sering ada promo kartu kredit di toko buku.

  1. Hidup sederhana

Banyak contoh orang sukses, baik dalam hal keuangan maupun karier, yang hidup sederhana. Mereka tidak pamer kekayaan di muka umum, terutama media sosial. Anak-anak perlu diajari pentingnya hidup sederhana demi sukses keuangan dan karier seperti mereka. Sebab pengeluaran bisa dihemat lewat cara hidup sederhana.

Misalnya dengan membawakan bekal untuk makan ketimbang memberikan uang jajan. Beri tahu ke anak, meski bukan makanan mahal, bekal itu lebih sehat karena buatan sendiri. Selain itu, uang jajan bisa ditabung untuk dibelikan sesuatu yang ia kehendaki kelak.

  1. Mandiri

Kemandirian juga penting sebagai bekal sukses keuangan dan karier. Dunia kerja amatlah keras. Jika tidak bisa mandiri, nantinya akan sulit bersaing dalam dunia kerja.

Sebagai anak, wajar saja jika banyak bergantung kepada kita selaku orangtua. Tapi bukan berarti kita harus selalu memanjakan sang buah hati. Coba berikan kepercayaan kepada mereka untuk mandiri dan bertanggung jawab dalam bertindak.***

Editor    : Robert

Sumber : Liputan6.com,

36 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *