Renungan Harian, Rabu 12 Juli 2017

Yesus mengutus dua belas rasul

Rabu Pekan Biasa XIV

Bacaan: Matius 10:1-7

Yesus memanggil dan mengutus kedua belas rasul

10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 10:2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 10:3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 10:4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. 10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, 10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Renungan

Dalam sebuah sarapan pagi plus ngopi, munculah obrolan singkat demikian: dalam kenyataannya ada orang yang sudah berusia lebih dari 70 tahun tetapi wajahnya masih seger; sementara ada orang dalam usia sama sudah sangat terlihat ketuaannya. Mengapa demikian? Ada yang mengatakan orang yang tenang dan damai hidupnya akan membuatnya tampak awet muda, wajahnya segar, dan auranya selalu bersemangat. Sementara ada banyak orang yang beban hidupnya membuatnya tua lebih cepat. Aura hidupnya juga tidak secerah yang satunya.

Hari ini Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk mewartakan bahwa Kerajaan Sorga sudah dekat . Dalam perpektif waktu, bagaimana pertanggungjawaban ‘dekat’ ? Nyatanya sudah lebih dari dua ribu tahun dari jaman para rasul, kita masih dalam peziarahan yang demikian. Apakah Kerajaan Sorga itu tidak jadi datang? Atau kapan? Lebih tepatnya mungkin adalah bagaimana itu datang.

Para murid diutus untuk mewartakan datangnya kerajaan sorga dengan bekal kuasa untuk mengusir roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Maka kiranya ‘kerajaan sorga’ pertama-tama bukan soal tempat dan lokasi tertentu, atau zaman tertentu. Datangnya kerajaan sorga menjadi semakin nyata dengan diusirnya roh jahat, penyakit, dan kelemahan.

Jika demikian, kapan itu datangnya? Saat inilah, sekarang ini, dalam setiap konteks hidup kita masing-masing. Dengan mengusir roh jahat, penyakit, dan kelemahan, berarti kita ikut ambil bagian dalam tugas perutusan para murid dari Sang Guru: mewartakan Kerajaan Sorga sudah dekat.

Buah dari warta kerajaan sorga yang demikian adalah kedamaian dan ketenangan dalam hidup. Kata sederhananya adalah kita mampu selalu menghargai dan bersyukur. Buah konkretnya bagi kita manusia adalah hidup dalam kedamaian, awet muda dalam arti tetap bersemangat dalam hidup. Hidup yang bercahaya akan membawa aura positif, damai datang, roh jahat tidak akan berani mendekat. Penyakit dan kelemahan dengan sendirinya tersingkir.  Semuanya dalam nama Kristus Yesus.

Seberapapun usia kita, seperti para murid, kita diutus oleh Yesus sendiri saat ini untuk ikut ambil bagian dalam mewartakan Kerajaan Sorga. Semoga damai selalu menjadi bagian dalam hidup kita.

 

60 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *