Tips Melindungi Anak agar Tak Hilang di Tempat Umum

Ilustrasi. Foto : https://www.vemale.com

Ilustrasi. Foto : https://www.vemale.com

SUARAWAJARFM.com — Banyak orang tua yang memilih  untuk menghabiskan hari libur ke tempat rekreasi hingga pusat belanja. Tak heran bila jumlah pengunjung meningkat sehingga orangtua perlu lebih hati-hati untuk menjaga buah hati agar tak lepas dari pengawasan.

Untuk mencegah hal yang buruk terjadi, sebelum bepergian dengan anak-anak, ada baiknya untuk menyimak tips yang dirangkum laman travelmama.com  pada Sabtu, 1 Juli 2017, berikut ini:

  1. Pilihlah pakaian anak yang berwarna cerah

Carilah atasan, topi, celana, rok,  hingga tas berwarna cerah agar anak mudah terlihat di kerumunan. Warna neon seperti hijau, biru torquise, kuning juga pink stabilo bisa menjadi pilihan daripada warna seperti warna umum seperti biru muda dan putih. Pakaikan warna atribut yang senada pada kakak dan adik agar Anda lebih mudah mengingatnya.

  1. Persiapkan skenario ‘jika’ dengan anak-anak sebelum meninggalkan rumah.

Sebelum sampai di tempat tujuan, pastikan Anda telah mendiskusikan dengan anak apa yang harus dilakukan bila terpisah dengan anggota keluarga. Ajarkan anak untuk menemui polisi dan petugas keamanan ketika terpisah dari keluarga di tempat umum. Selain itu, tetapkan titik bertemu bila anak sudah bisa membedakan titik tertentu seperti bangunan atau ruang. Namun, bagi anak di bawah 8 tahun, ajarkan agar tetap berada di tempat pertama ketika terpisah dengan keluarga.

  1. Simpan foto anak di ponsel atau kamera.

Menyimpan foto anak di ponsel atau kamera bisa membantu Anda menjelaskan ciri-ciri anak bila terpisah dengan anak di tempat umum. Akan lebih baik bila Anda menyimpan foto terbaru ketika sebelum meninggalkan rumah. Tujuannya, bila anak terpisah, Anda akan lebih mudah mencari dan menceritakan ciri-ciri anak sesuai dengan keadaan sebelum Anda dan anak terpisah.

  1. Minta salah seorang dewasa untuk mengawasi anak.

Bila Anda bepergian dalam jumlah besar, lebih baik meminta orang dewasa lainnya untuk turut mengawasi anak. Hal ini bertujuan agar terdapat beberapa orang yang mengawasi anak. Baik Anda maupun orang dewasa yang Anda percayai harus turut menjaga anak di tempat umum, sehingga bila anak hilang, keduanya tak saling melempar kesalahan atau melimpahkan kesalahan ke salah satu pihak.

  1. Berbagi nomor ponsel dengan anak.

Dalam hal keadaan darurat, Anda harus memastikan bahwa anak bisa tetap terhubung bila terpisah dari pengawasan. Tulislah nomor ponsel Anda di secarik kertas, buku, papan, label atau gantungan kunci khusus sehingga anak lebih mudah ditemukan bila hilang. Pastikan anak juga mengetahui bahwa ketika terpisah, mintalah orang dewasa lain untuk menghubungi ke nomor ponsel tersebut.***

Sumber : travelmama.com

Editor    : Robert

32 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *