8 Tips agar Anda Tetap Sehat Pasca-Lebaran

Ilustrasi makan lebaran. Foto : CirebonTrust

Ilustrasi makan lebaran. Foto : CirebonTrust

RADIO SUARA WAJAR — MENJAGA tubuh sehat setelah Lebaran perlu diperhatikan mereka yang memiliki penyakit kronik. Alih-alih ingin merayakan Hari Raya tersebut dengan makan banyak, besoknya malah sakit. Darah tinggi melonjak atau gula darah meningkat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari F Syam menyatakan, makanan Lebaran cenderung banyak mengandung gula, karbohidrat tinggi, lemak jahat, dan kalori yang bisa menggangu kesehatan Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dr Ari memberikan 8 tips sehat agar tubuh Anda terbebas dari penyakit setelah Anda merayakan Lebaran nan Fitri.

1. Perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut.

2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.

3. Usahakan hanya mengkonsumsi 1 macam lauk saja.

4. Jika merasa camilan (kue Lebaran) dikonsumsi lebih banyak, selanjutnya kurangi porsi nasi saat makan besar. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju dan yang sekiranya mengandung lemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.

5. Banyak minum lebih dari 2 liter per hari.

6. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran (diusahakan 5 servings/porsi saat makan pagi,siang dan malam dan disela-sela makan tersebut).

7. Tetap melakukan aktivitas olah raga atau bergerak.

8. Jika rumah kerabat terbilang dekat, silahturahmi dapat dilakukan dengan berjalan kaki ke rumah kerabat. Usahakan tidur minimal 6 jam.***

Reporter : Robert

31 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *