Seorang yang diduga ingin mencuri di rumah warga Desa Way Gelam dihakimi massa

Massa di lapaangan Desa Way Gelam, Rabu pagi 27 Juni 2017 yang tersulut emosi meluapkan kemarahannya dengan membakar motor pelaku yang diduga ingin mencuri. Foto : Robert

Massa di lapangan Desa Way Gelam, Selasa pagi 27 Juni 2017 yang tersulut emosi meluapkan kemarahannya dengan membakar motor pelaku yang diduga ingin mencuri. Foto : Robert

WAY GELAM, SUARAWAJARFM.COM – Pagi itu, Selasa 27 Juni 2017,  sekitar pukul 09.30-an WIB kelengangan di Desa Way Gelam, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan seketika pecah.

Warga tanpa dikomando berhamburan keluar rumah mengejar dua orang yang diduga ingin mencuri di salah satu rumah milik warga yang kosong.

Rumah tersebut adalah milik Haryo, pengusaha jual beli jagung di Desa Way Gelam. Pagi itu, rumah tersebut ditinggalkan penghuninya silahturahmi ke luar desa, karena masih dalam suasana Idul Fitri.

Teriakan spontan “maling… maling…maling…” salah satu warga di sekitar rumah itu yang kebetulan memergoki para pencuri tersebut membuat warga berhamburan keluar rumah. Tanpa pikir panjang warga pun serentak langsung mengejar dua orang orang yang kedapatan diduga ingin mencuri.

Yosep (30), pemuda desa setempat mengatakan satu dari dua orang yang diduga ingin mencuri itu berhasil dihakimi massa yang berjumlah ratusan orang tersebut.

“Yang lain berhasil kabur, dan yang tertangkap dihakimi massa yang telah tersulut emosi,” katanya.

Yosep memaklumi emosi massa tersebut, karena setahun belakangan ini, sering terjadi pencurian kendaraan baik roda empat maupun roda dua di Desa Way Gelam, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan.

“Selama ini, kejadian pencurian di desa kami, tidak pernah terungkap oleh pihak berwajib. Makanya begitu warga berhasil menangkap para pencuri itu, emosi warga memuncak, maka terjadi amuk massa,” kata Yosep.

Menghindari aksi main hakim sendiri, beberapa aparat desa setempat buru-buru mengamankan pelaku ke tempat yang lebih aman. Tak ayal, motor pelaku menjadi sasaran amuk massa yang semakin ramai di lapangan sepak bola setempat. Mereka menyeret motor tersebut ke lapangan dan membakarnya.

Polsek Candipuro, Lampung Selatan. Foto : Robert

Polsek Candipuro, Lampung Selatan. Foto : Robert

Saat suarawajarfm.com mengecek ke Polsek Candipuro yang berjarak sekitar tujuh kilo meter dari Desa Way Gelam, mengejutkan, kondisi sangat lengang. Hanya didapati satu petugas piket di sana sedang berjaga.

Ketika dikonfimasi, petugas piket yang berjaga mengatakan pelaku langsung dibawa ke Polres Kalianda Lampung Selatan.

“Pelaku langsung dibawa ke sana (Polres Kalianda) untuk menghindari emosi massa yang berencana akan mendatangi polsek ini,” kata Ipda Salman singkat.***

Reporter : Robert

152 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *