Lebaran, Ini 4 Cara Pulihkan Retaknya Tali Silaturahim

Ilustrasi retaknya hubungan. Foto : LittleBee80

Ilustrasi retaknya hubungan. Foto : LittleBee80

RADIO SUARA WAJAR — Tak ada gading yang tak retak. Seperti itulah hubungan kekeluargaan maupun persahabatan dapat renggang kapan pun. Penyebabnya bisa beraneka ragam, kesalahpahaman kecil pun bisa merenggangkan relasi.

Sebetulnya, masih ada harapan untuk merekatkan kembali tali silaturahim yang retak. Momen Lebaran menjadi momen yang tepat untuk memulihkan hubungan.

Seperti dikutip dari bustle.com, berikut beberapa cara praktis untuk memperbaiki hubungan yang retak dengan keluarga atau sahabat.

  1. Mulailah kembali dengan percakapan ringan

Jika Anda dan kerabat tak saling berbicara dalam jangka waktu tertentu, ada kiat untuk memecahkan kebekuan itu tanpa menjadi canggung.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberitahu kerabat Anda bahwa inilah saatnya untuk melupakan segala kenangan buruk di masa lalu.

Beri tahu kerabat Anda, “Saya tahu sudah sekian lama sejak kita terakhir berbincang,” atau “Saya meminta maaf atas segala kesalahan yang mungkin diperbuat di masa lalu.”

Tak masalah apabila Anda yang mengakui kesalahan, meskipun mungkin bukan Anda yang menjadi penyebab keretakan hubungan itu. Beranilah untuk bertindak lebih dahulu, terlebih dalam momen yang indah seperti Idul Fitri ini.

  1. Tataplah masa depan

Sebelum Anda dapat memikirkan masa depan dengan kerabat tersebut, Anda perlu memastikan masa lalu adalah betul-betul masa lalu. Hapuslah segala permasalahan di masa lalu itu dan bukalah lembaran baru kehidupan.

Awali dengan percakapan ringan, lanjutkan perlahan-lahan berbincang dengan topik yang lebih personal. Jauhkan segala asumsi negatif tentang dirinya dan bangunlah hubungan baru yang lebih baik.

  1. Beri kesempatan

Ada kalanya saat Anda mulai mencoba membangun komunikasi yang lebih akrab dengan kerabat Anda, namun ada resistensi dari yang bersangkutan. Tetaplah bersabar dan beri dia sedikit waktu untuk memulihkan benih-benih permusuhan di masa lalu itu.

  1. Lakukan hal tak terduga

Saat hubungan baik mulai merekah kembali, mungkin ide bagus untuk menegaskan kembali arti persahabatan bagi Anda.

Dengan kemajuan teknologi, seyogianya Anda dapat lebih mudah meningkatkan hubungan yang mulai terbangun kembali itu. Misalnya, mulai berkawan kembali dengan kerabat Anda melalui media sosial.

Niscaya, perlahan-lahan akan terbangun hubungan yang baik kembali dan tak lagi terbebani dengan situasi permasalahan di masa lalu.***

Editor    : Robert

Sumber : bustle.com

61 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *