Pastikan Konsumsi Pangan Lebaran Aman, Satgas Pangan Provinsi Lampung lakukan sidak

Ketua Tim Sidak Keamanan Pangan yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir Kusnardi saat wawancara dengan awak media di Giant Lampung Antasari Rabu, 21 Juni 2017.

Ketua Tim Sidak Keamanan Pangan yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir Kusnardi saat wawancara dengan awak media di Giant Lampung Antasari Rabu, 21 Juni 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Satuan Tugas (Satgas) Kemanan Pangan Provinsi Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) kemanan pangan di beberapa pasar di Bandar Lampung pagi hingga Rabu siang, 21 Juni 2017. Diantaranya di Pasar Smep, Pasar Way Halim dan Giant Lampung Antasari.

Sidak ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh makanan ringan yang diperjualbelikan dalam kondisi aman atau layak untuk di konsumsi.

Sidak ini dimulai dari jam 09.00 WIB dipimpin oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir. Kusnardi.

Adapun ragam makanan yang dilakukan pemeriksaan mulai dari makanan segar, buah dam makanan siap saji.

Dalam sidak kali ini menurut  Ketua Tim Sidak Keamanan Pangan yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir Kusnardi mengatakan secara keseluruhan hampir dipastikan pangan di Lampung aman. Walau menurutnya ada beberapa temuan makanan yang mengandung formalin. Seperti ditemukan di Pasar Smep, buah Anggur Merah Australia mengandung formalin, dan buah Anggur Hitam Australia mengandung formalin.

Menurutnya, temuan serupa juga dijumpai di Giant Lampung Antasari. Disini tim langsung memusnahkan anggur yang sudah positif mengandung formalin.

Kusnardi mengimbau pada masyarakat di Lampung pada khususnya masyarakat Lampung untuk teliti sebelum membeli dan jadilah komsumen yang cerdas.

“Kegiatan sidak ini rutin kita lakukan terlebih mendekati hari raya Idul Fitri 1438 H, sebab menjelang lebaran ini permintaan terhadap barang makanan meningkat dan untuk memastikan bahwa makanan yang diperjualbelikan ini aman,” kata Kusnardi

Untuk diketahui Tim Sidak Keamanan Pangan gabungan ini terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika dan Balai Karantina dan Pertanian.***

Reporter : Robert

68 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *