Tahbisan Diakon di Ledalero

Seminari Tinggi Ledalero

RADIO SUARA WAJAR – Uskup Keuskupan Larantuka, Mgr. Frans Kopong Kung, pada Senin (12/6/17) menahbisan 21 frater menjadi Diakon. Perayaan Ekaristi tahbisan Diakon itu dilaksanakan di Kapel Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero.

Mereka yang ditahbisan adalah 18 frater anggota Serikat Sabda Allah (SVD) dan 3 lainnya anggota MSsCc.

Hadir mendampingi Uskup Frans dalam Ekaristi itu adalah Provinsial SVD Ende Pater Lukas Jua SVD, Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, Prefek Koordinator Pater Ito Dhogo SVD, Ketua STFK Ledalero Pater Bernard Raho SVD dan puluhan imam konselebran lainnya.

Tema yang diambil dalam tahbisan ini adalah “Berbahagialah yang Murah Hati”.

Dalam homlinya, Mgr Frans secara khusus menekankan aspek kemurahan hati dalam karya pelayanan para diakon. Menurutnya, seorang diakon hendaknya selalu bermurah hati membagikan cinta Allah kepada sesama ciptaan. Semakin banyak berbagi cinta dan kemurahan, kata dia, semakin banyak pula rahmat yang akan ia terima dari Allah.

Provinsial SVD Ende Pater Lukas Jua SVD dalam kata sambutannya menegaskan kembali apa yang disampaikan Mgr Frans, yakni bahwa kemurahan hati menuntut semangat pengorbanan. Orang yang sungguh-sungguh bermurah hati tidak akan takut mengorbankan dirinya demi kepentingan orang lain. Dia akan tetap bahagia dalam pengorbanannya, bersukacita dalam penderitaannya. Dasar dari sikap ini adalah ketekunan dalam doa dan kesetiaan untuk merenungkan Sabda Tuhan. Kesibukan bersama umat di paroki-paroki, kata Pater Lukas, hendaknya tidak menghilangkan waktu doa dan baca Kitab Suci dari para diakon. (floresa.co – mr.jo)

 

50 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *