Mudik dengan Bayi, 8 Barang Ini Harus Ada di Mobil Anda

Berwisata dengan anak-anak dengan keliling naik mobil. (Shutterstock)

Berwisata dengan anak-anak dengan keliling naik mobil. (Shutterstock)

RADIO SUARA WAJAR — Berpergian membawa bayi menggunakan kendaraan pribadi memang tak mudah. Bayi yang rewel atau menangis di pertengahan perjalanan adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi.

Jika Anda dan keluarga memiliki rencana mudik menggunakan mobil dengan bayi atau balita, lakukan beberapa persiapan, diawali dengan menyiapkan barang-barang yang wajib ada di mobil.

  1. Popok dan baju cadangan

Kedua hal ini berada di urutan pertama persiapan mudik dengan balita. Bawalah stok popok dan baju cadangan lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya ngompol, bayi juga mudah muntah karena mabuk perjalanan.

  1. Makanan

Sebagai sumber energi, makanan dan minuman jangan sampai kekurangan. Apalagi, selama musim mudik biasanya kita harus antri lama di tempat peristirahatan. Makanan yang cukup juga bisa membuat kita merasa tenang jika menghadapi kemacetan parah. Selain makanan sumber karbohidrat, bawalah buah-buahan segar untuk mengurangi mual.

  1. Termos

Siapkan termos kecil yang bisa menyimpan air panas dalam waktu lama. Selain untuk keperlukan makan dan minum bayi, air panas juga berguna untuk membuat minuman penahan kantuk bagi pengendara.

  1. Peralatan makan bayi

Peralatan makan bayi memang tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Persiapkan beberapa piranti makannya juga untuk persiapan di kampung halaman. Selain sendok atau gelas, bawalah juga alat steril alat makannya.

  1. Tisu basah

Tisu basah bisa menjadi pengganti air untuk melap tangan, mulut, bahkan membersihkan area popok bayi.

  1. Selimut bayi

Agar bayi Anda tak terlalu merasakan dinginnya AC kendaraan, disarankan untuk selalu membawa selimut bayi. Bila memungkinkan, bawalah beberapa bantalnya agar tidurnya makin nyaman.

  1. Topi Bayi

Jika Anda melakukan perjalanan siang hari dengan kondisi cuaca yang terik. Disarankan untuk membawakan topi untuk pelindung kepalanya sehingga ia tidak kepanasan saat berjalan dari area parkir ke tempat istirahat.

  1. Plastik

Ini adalah barang terakhir yang perlu Anda bawa saat berpergian dengan menggunakan kendaraan. Meski terkesan remeh, namun plastik sangat bermanfaat untuk menyimpan baju kotor, sampah atau benda-benda lainnya yang tidak terpakai.

Semoga perjalanan Anda bersama sang buah hati nyaman dan tanpa rasa was-was setelah Anda mempersiapkan kesemua barang-barang ini.***

Editor    : Robert

Sumber : KOMPAS.com

79 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *