Pertemuan KWI dan Ditjen Bimas Katolik

Pertemuan antara Dirjen Bimas Katolik yang mewakili pemerintah dan Konferensi Waligereja Indonesia membahas upaya-upaya menigkatkan mutu pendidikan Katolik (Foto doc. bimaskatolik.kemenag.co.id)

RADIO SUARA WAJAR – Demi meningkatkan pengajaran agama Katolik yang berkualitas, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) bersama Ditjen Bimas Katolik yang dipandu Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi mengadakan pertemuan bersama pada Rabu (10/5/17).

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Direktur Pendidikan Katolik Fransiskus Endang, Kasubit Pendidikan Tinggi Aloma Sarumaha, Kasubdit Lembaga Rudy Andrianto, Sekretaris Eksekutif KWI Sipri Hormat Pr, Sekretaris Komisi Kateketik Leonardus Sugyono, MSC serta Sekretaris Komisi Pendidikan Vinsensius Darmin Mbula, OFM

Menurut Eusabius pertemuan tersebut sebagai langkah awal menetapkan program kemitraan di bidang Pendidikan Katolik sekaligus menciptakan para pengajar baik Guru Agama Katolik maupun Dosen Katolik yang berkualitas.

Sementara itu Sekretaris Komisi Kateketik , Rm. Leonardus menekankan pentingnya pengadaan buku pengajaran dalam menunjang mutu dan kualitas tadi.

Kasubdit Pendidikan Tinggi mengatakan bahwa perlunya kegiatan lingkup nasional yang dihadiri Ditjen Bimas Katolik sebagai pengampu regulasi, dan Gerejadalam hal iniKomisi Pendidikan dan Komisi Kateketik, untuk urun rembuk dalam pembahasannya

Setelah pertemuan, langkah konkrit yang ditawarkan Kasubit Pendidikan Tinggi adalah Pembinaan para dosen dalam bentuk Bimbingan Teknis dan pembinaan penulisan buku-buku pelajaran agama Katolik.

Berdasarkan PP 55, maka Gereja memiliki otoritas dalam menyusun materi pelajaran. Misalnya, dalam hal Reksa Pastoral, Gereja memiliki kewenangan penuh atas pengajarannya. (bimaskatolik.kemenag.co.id)

 

52 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *