Aprilani Yustin Ficardo tandatangani beberapa MoU ini, pada RAKON TP PKK Provinsi Lampung

Penandatanganan diadakan dalam Rapat Konsultasi (RAKON) TP PKK Provinsi Lampung tahun 2017 di Aula Kantor PKK, Senin 08 Mei 2017.

Penandatanganan diadakan dalam Rapat Konsultasi (RAKON) TP PKK Provinsi Lampung tahun 2017 di Aula Kantor PKK, Senin 08 Mei 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU) antar Tim PKK Provinsi Lampung dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr Reihana, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina, Kepala Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan Benjamin Saut dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Utama Lampung Djamal. Penandatanganan berlangsung dalam Rapat Konsultasi (RAKON) TP PKK Provinsi Lampung tahun 2017 di Aula Kantor PKK, Senin 08 Mei 2017.

Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo menyampaikan kesepakatan ini sebagai pedoman bagi para pihak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Kanker Leher Rahim, Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Pembangunanan Keluarga dalam rangka mewujudkan Keluarga Sehat dan Berkualitas di Provinsi Lampung.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan program Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Selain itu meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan khususnya kader Gerakan PKK, memantapkan peran PKK dan terwujudnya kerjasama dan sinergritas antara para pihak dalam memberikan sosialisasi dan diseminasi terhadap bahaya kanker leher Rahim,” ujar Yustin Ficardo

Lebih lanjut Ketua TP. PKK Provinsi Lampung ini menjelaskan pada tanggal 4 Maret yang lalu baru saja diperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-45 semoga PKK tetap jaya dan dapat menjaga dan meningkatkan kesatuan dalam gerak langkah, menuju tercapainya visi dan misi gerakan PKK yaitu terwujudnya kesejahteraan keluarga di masyarakat.

“Selaku Unsur TP. PKK kita patut bangga, bahwa di Negara ini tidak ada kelembagaan yang sebesar dan selengkap PKK. Karena kelembagaan PKK ada di setiap tingkatan, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan. Untuk itulah pada rapat kali ini diharapkan agar dapat tersosialisasinya hasil Rakon di Jakarta pada tanggal 8-10 Maret 2017 lalu, dan dapat menentukan langkah-langkah tindak lanjut, yang dituangkan dalam rencana kerja PKK, yang tepat guna dan sasaran,” katanya.

Dalam kesempatan ini Yustin juga menyampaikan TP. PKK Provinsi Lampung bersama 3 Provinsi Lainnya yaitu Provinsi Jawa Timur, Bali dan Papua, mendapatkan penghargaan dari Ibu Negara RI atas Prestasi dalam menggerakan sasaran, Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks malalui Test IVA.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota PKK Provinsi Lampung atas kerja Nyatanya dalam mensukseskan Program IVA yang sukses membawa nama Provinsi Lampung mendapat Penghargaan pada  peringatan hari Kartini tingkat Nasional tahun 2017 di Kalimantan Selatan dengan kategori Jumlah pemeriksaan IVA Test dengan kenaikan tertinggi se-Indonesia” ujar.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik Theresia Sormin, saat membuka Rakon mengatakan bahwa PKK sebagai mitra pemerintah selama ini cukup banyak berbuat dan diakui peran serta nya dalam keberhasilannya proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Pemerintah Provinsi mendorong Gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang seta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan misi bersama pemerintah menyukseskan program-program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu pemerintah juga beharap agar TP PKK Provinsi Lampung juga diharapkan agar besama-sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota semakin mempererat harmonisasi dengan menjalin kerjasama, menyamakan persepsi serta misi dalam mewujudkan 10 program Pokok PKK, sehingga dapat memberi kontribusi dalam melakukan perubahan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik.***

Reporter : Robert

49 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *