Gelaran Wayang Kulit Dua Dalang dari Pringsewu menjadi puncak Lustrum ke-XI SMA Xaverius Bandar Lampung

Ketua panitia Lustrum ke-XI SMA Xaverius Bandar Lampung Yohanes de Deo Widyastoko saat berkunjung ke Radio Suara Wajar semalam, Jumat 28 April 2017.

Ketua panitia Lustrum ke-XI SMA Xaverius Bandar Lampung Yohanes de Deo Widyastoko saat berkunjung ke Radio Suara Wajar semalam, Jumat 28 April 2017.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR – Gelaran wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Karjan dan Ki Dalang Muryanto di Kompleks SMA Xaverius Bandar Lampung pada Minggu 30 April 2017 malam hingga Senin dini hari 01 Mei 2017 menjadi acara puncak Lustrum ke-XI SMA Xaverius Bandar Lampung.

“Kami kebetulan akan menggunakan dua dalang. Jadi pagelaran wayang kulit ini akan didalangi oleh Pak Karjan. Tapi karna mungkin dengan kondisi bahwa kita ingin peperangan yang lebih menggelegar, kita juga didampingi oleh dalang Pak Muryanto yang mungkin lebih muda sehingga gerakannya lebih, itu yang diharapkan dari kehadiran dua dalang sekaligus dalam satu pagelaran,” kata Yohanes de Deo Widyastoko saat berkunjung ke Radio Suara Wajar semalam, Jumat 28 April 2017.

Yohanes de Deo Widyastoko merupakan ketua panitia Lustrum ke-XI SMA Xaverius Bandar Lampung. Menurutnya kedua dalang asal Kabupaten Pringsewu tersebut akan membawakan lakon (judul) Wahyu Trimanggolo.

“Gambaran wayang ini mungkin juga bisa menjadi inspirasi teman-teman yang suka wayang, karna pasti kami memilih lakon juga ada maksudnya,“ kata de Deo.

Dia berharap dengan dipilihnya lakon wayang tersebut dapat menjadi media evaluasi untuk terus mewujudkan cita-cita SMA Xaverius sesuai dengan visi misi yang ada.

“Nah untuk itu kami berharap juga bahwa puncak ini menjadi titik balik untuk kami, bahwa harus mengingat sudah 55 tahun dan apa yang sudah kita lakukan. Mungkin dalam kaitannya dengan wayang ini ada hal-hal yang memang bisa membantu kami mengoreksi, apa yang sudah dilakukan dan apa yang harus kami lakukan ke depan,” tandas de Deo.

Yohanes de Deo Widyastoko mempersilahkan masyarakat yang ingin menonton pertunjukan wayang dua dalang ini.

“Jadi terbuka untuk semuanya, bukan hanya untuk kami guru dan karyawan yang jelas tidak mungkin mencukupi tempatnya, karna memang hanya sedikit saya kira peminat wayang, untuk kalangan tertentu. Tapi kami memang menggelar wayang ini untuk masyarakat umum sebagai bentuk partisipasi sosial kita kepada masyarakat,” pungkas de Deo.

Untuk diketahui pagelaran wayang ini akan berlangsung di kompleks SMA Xaverius Bandar Lampung Jl. Cendana No. 31 Rawa Laut, Tanjungkarang Timur, Bandar Lampung, dimulai pukul 20.00 WIB.***

Reporter : Robert

95 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *