Dinkes Lampung Lakukan Mobilisasi Massa Germas di Bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mempercepat upaya promotif dan preventif hidup sehat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan mobilisasi massa Germas di Bundaran Tugu Adipura, Bandar Lampung pada Jumat 28 April 2017.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti mengatakan kegiatan tersebut menyasar masyarakat yang melintasi Bundara Tugu Adipura dengan cara membagi-bagikan leaflet dan stiker Germas.

“Pembagian kepada masyarakat Bandar Lampung yang ingin berangkat kerja atau berangkat sekolah, dimana kami melihat bahwa titik Tugu Adipura itu merupakan titik potensial yang bisa kami manfatkan untuk menyebarluaskan informasi tentang germas,” kata Asih Hendrastuti di Bandar Lampung, Jumat 28 April 2017.

Menurut Asih, kampanye Germas tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2017 tentang Germas.

“Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan itu adalah seperti kampanya yang kita sudah beberapa kali melakukannya di beberapa kabupaten seperti Tanggamus, Lampung Selatan dan Lampung Timur,” katanya.

Asih mengklaim telah membagikan sekitar seribuan leaflet dan stiker pada kegiatan mobilisasi massa Germas yang melibatkan Perhimpunan Angkatan Muda Kesehatan Masyarakat Indonesia itu.

“Tadi alhamdulillah telah terbagi hampir seribu leaflet, karena tadi kita bekerjanya di tiga penjuru, jadi dari arah Jl. Jendral Sudirman dibagikan juga, dari Jl. Diponegoro dan dari Jl. Raden Intan,” jelas Asih.

Pada kegiatan Mobilisasi Massa Germas ini dijelaskan Asih, terdapat tiga pesan utama yang disampikan pada masyarakat.

“Menjelaskan apa itu Germas dan tiga pesan utama di dalamnya; yang pertama adalah makan buah dan sayur setiap hari, yang kedua cek kesehatan secara rutin enam bulan sekali dan yang ketiga adalah aktivitas fisik tiga puluh menit setiap hari,” pungkas Asih.***

Reporter : Robert

114 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *