Syukur 39 tahun MEP Hadir di KTJK

Mgr. Yohanes Harun bersama dengan RD Yohanes Baptista Sujanto (Vicjen KTJK) memberikan kenangan 39 tahun MEP hadir di Lampung kepada Rm. Paul Billaud MEP

RADIO SUARA WAJAR – Gereja Keuskupan Tanjungkarang bersyukur atas karya para pastor MEP (missions étrangères de Paris) selama 39 tahun ini. Ungkapan syukur ini dirayakan dalam perayaan Ekaristi bersamaan dengan Ekaristi penutupan pertemuan para uskup regio Sumatera, di Gereja Katedral Kristus Raja, Tanjungkarang, Kamis (27/4/17).

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh uskup keuskupan Tanjungkarang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono. Rm. Paul Billaud hadir untuk mewakili para romo MEP yang lain.

MEP (missions étrangères de Paris) artinya Serikat Misi Imam-imam Praja dari Paris. Atas permintaan Mgr. Albertus Hermelink Gentiaras SCJ,  pada 18 Maret 1978 empat pastor MEP: Vincent le Baron (31), Paul Billaud (32), Joseph Gourdon (33) dan Ferdinando Pecoraro (57), tiba di Lampung. Dari keempat pastor, pastor Ferdinando Pecoraro dan pastor Vincent le Baron sudah menghadap Bapa di Surga. Sementara dua pastor lainnya masih berkarya aktif di keuskupan Tanjungkarang.

Dalam homlinya, romo Manggo menceritakan tentang beberapa kisa bersama dengan romo-romo MEP. Pada intinya, satu-satunya tujuan MEP hadir adalah untuk menghadirkan Kristus dalam seluruh karya mereka.

Dalam sambutannya, Rm Paul Billaud juga menegaskan hal yang sama. Mereka hadir untuk memberitakan Injil, bukan untuk yang lain-lainnya. (mr.jo.no)

 

105 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *